Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Cara SMKNU Indramayu Bangun Peradaban Dunia Kepesantrenan di Bulan Ramadhan

Cara SMKNU Indramayu Bangun Peradaban Dunia Kepesantrenan di Bulan Ramadhan
Bangun Peradaban Dunia Kepesantrenan, SMK NU Gelar Pesantren Ramadan (foto: NU Online Jabar)
Bangun Peradaban Dunia Kepesantrenan, SMK NU Gelar Pesantren Ramadan (foto: NU Online Jabar)

Indramayu, NU Online Jabar
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nahdlatul Ulama Indramayu menggelar acara Pesantren Ramadhan dengan tema Terbentuknya Pelajar yang Berwawasan Luas, Berakhlakul Karimah dan Bertakwa Kepada Allah Swt yang bertempat di gedung SMK NU Jl. Ir. H. Juanda No. 102, Singajaya, Kabupaten Indramayu. Pesantren Ramadhan tersebut digelar selama lima hari, yakni Senin-Jumat (18-22/4).


Kepala Sekolah SMK NU Indramayu Abdulloh Ibnu Karim mengatakan tujuan diadakannya pesantren Ramadhan ini untuk membekali seluruh siswa dengan pengetahuan keagamaan yang bersandarkan pada metode kepesantrenan.


"Pesantren Ramadan ini selain daripada bertujuan untuk memperkenalkan nilai-nilai kepesantrenan kepada seluruh siswa, juga sebagai ajang untuk membangun peradaban yang baik di lingkungan SMK NU Indramayu," katanya. 


Tidak hanya sekedar mengisi waktu di bulan Ramadan, Kata Abdulloh kegiatan ini juga dimaksudkan untuk membiasakan siswa-siswi terhadap dunia pesantren.


"Pasalnya SMK NU Indramayu yang notabene sebagai sekolah kejuruan yang terkemas dengan label keagamaan yaitu Nahdlatul Ulama," tuturnya. 


Sementara itu Wakil Kepala Sekolah SMK NU Indramayu Khaerul Umam menuturkan pesantren Ramadhan tahun ini berbeda dengan durasi yang sedikit lama dibandingkan tahun sebelumnya yaitu tiga hari, karena pandemi.


"Dengan waktu yang lebih panjang, diharapkan bisa lebih luas dalam hal penyampaian ilmu-ilmu keagamaan (Ilahiyah) terhadap siswa-siswi kita,” ujarnya.

 
Lewat Pesantren Ramadan tersebut, lanjut Khaerul Umam, para siswa dapat menimba ilmu serta pengalaman terkait nilai budaya, adat istiadat dan kekhususan metode kepesantrenan.


Pewarta: Hari Susanto
Editor: Abdul Manap

Daerah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×