• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Minggu, 23 Juni 2024

Daerah

Bersama Polda dan Dishub Jabar, LPBINU Gerakkan Kampanye Mudik Aman dan Sehat

Bersama Polda dan Dishub Jabar, LPBINU Gerakkan Kampanye Mudik Aman dan Sehat
Ketua LPBINU Jabar Dadang Sudarja saat melakukan koordinasi dengan dishub dan polda jabar. (Foto: NUJO)
Ketua LPBINU Jabar Dadang Sudarja saat melakukan koordinasi dengan dishub dan polda jabar. (Foto: NUJO)

Bandung, NU Online Jabar 
Mudik ke kampung halaman pada hari raya lebaran merupakan kegiatan yang sudah menjadi tradisi bagi umat Muslim di Indonesia khususnya bagi mereka yang merantau dan tinggal jauh dari kampung halamannya. Bagi mereka mudik memiliki arti dan kegembiraan yang luar biasa. Bisa bertemu orang sekampung yang sama-sama merantau maupun handai taulan dan keluarga tentunya.


Mudik lebaran atau hari raya Idul Fitri tahun ini dirasakan sangat istimewa dan disambut dengan sukacita, hal ini dikarenakan selama dua tahun selama masa pandemi covid 19 dari awal Maret tahun 2020 pemerintah Indonesia melarang kegiatan mudik. Hal ini diakibatkan karena penyebaran virus covid 19 sangat tinggi. 


Sekarang setelah situasinya berubah dan sudah melandai walaupun masih belum seratus persen pandemi ini berakhir, pemerintah memberikan ijin dan memperbolehkan kegiatan mudik lebaran bisa dilaksanakan dengan beberapa ketentuan seperti harus sudah dipaksin dua kali, tidak dalam keadaan sakit dan tentu ssaja harus taat terhadap protocol kesehata, terutama selalu memakai pasker termasuk dalam perjalanan. 


Dalam rangka mendukung mudik lebaran di tahun ini, Pimpinan Wilayah Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (PW LPBINU)  Jawa Barat bekerja sama dengan Save the Children Indonesia, Polda dan Dishub, serta Pimpinan Cabang LPBINU kabupaten/kota mengadakan Kampanye Mudik Aman dan Sehat.


Kampanye ini akan diisi dengan memberikan edukasi kepada para pemudik di posko-posko, memasang baner dan spanduk di lokasi strategis yang berisi himbauan tentang pelasaknaaan bagaimana seharusnya mudik aman dan sehat, juga memberikan sekitar pouch hygen kits sebanyak 2 ribu kepada para pemudik serta petugas yang mengatur mudik berupa masker, handsnitazer, peluit, kemudian kipas angin kertas yang berisi dengan pesan dan tips–tips mudik aman dan sehat. Kegiata ini akan berlangsung  selama dua minggu terhitung dari tangga 25 April sampai dengan tanggal 5 Mei 2022. 


Ketua LPBINU Jabar Dadang Sudarja berharap dengan adanya kampanye gerakan Mudik Aman dan Sehat ini dapat menciptakan suasana yang kondusif bagi para pemudik.


“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan suasana yang kondusip bagi para pemudik khususnyua supaya bisa mudik dengan aman sehat, selamat sampai tujuan, dan tentu saja dalam rangka menekan serta memutus mata rantai penyebaran virus covid 19 supaya kita bisa sgera normal kembali,” Pungkas Dadang.


Editor: Agung Gumelar


Daerah Terbaru