Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Nasional

Dijadwalkan Cair Hari Ini, Begini Cara Cek Penerima Bantuan Subsidi Upah Rp600 Ribu

Dijadwalkan Cair Hari Ini, Begini Cara Cek Penerima Bantuan Subsidi Upah Rp600 Ribu. (Ilustrasi: NUO).

Jakarta, NU Online Jabar
Dana Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2022 tahap pertama yang digelontorkan oleh pemerintah untuk 4,36 juta orang dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dipastikan cair hari ini, Senin (12/9). 


"Insyaallah dana BSU Rp600 ribu bisa diambil secara bertahap mulai Senin sesuai operasional Bank Himbara," kata Sekretaris Jenderal (Sekjend) Kemenaker Anwar Sanusi kepada wartawan, Sabtu (10/9/2022) lalu seperti yang dilansir dari NU Online.


"Saya mengingatkan bahwa tahap pertama ini untuk penerima BSU yang sudah memiliki rekening Bank Himbara (Himpunan Bank Negara)," lanjut dia. 


Baca Juga:
Tolak Kenaikan Harga BBM, Ketua PMII Jabar: Kepentingan Rakyat Adalah Komitmen PMII dan Tidak Bisa Dikecualikan


4,36 juta orang pekerja terima BSU tahap pertama


Anwar menjelaskan, pihaknya telah memproses pencairan dana BSU subsidi upah tahap pertama bagi 4,36 juta pekerja atau buruh dengan anggaran Rp 2,61 triliun. Data tersebut kemudian dilakukan verifikasi, validasi, dan pemadanan data sebelum ditetapkan sebagai penerima BSU sesuai dengan kriteria yang diatur pada Permenaker BSU 2022 sebagai upaya untuk menjaga ketepatan sasaran dan akuntabilitas.


"Kami memahami bahwa BSU 2022 sangat ditunggu oleh pekerja/buruh, namun selain cepat kami juga harus menjaga prinsip ketepatan sasaran dan akuntabilitas dari progam ini. Saya berterima kasih kepada para pekerja/buruh yang telah sabar menunggu pencairan BSU 2022," jelasnya.


Ia mengungkapkan, hasil pemadanan data itu yakni terdapat 4,36 juta orang pekerja/buruh yang dapat menerima BSU di tahap pertama.


Baca Juga:
Soroti Kenaikan BBM, Ini Respon K-Sarbumusi Kuningan


Cara cek BSU subsidi upah 2022


Berikut 2 cara cek BSU subsidi gaji 2022 untuk karyawan dengan gaji per bulan kurang dari Rp 3,5 juta:

 

1. Cek BSU subsidi upah 2022 via situs BPJS Ketenagakerjaan

2. Cek BSU subsidi upah 2022 via situs Kemnaker

Kontributor: Suci Amaliyah
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Editor: M. Rizqy Fauzi

Artikel Terkait