• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 4 Maret 2024

Obituari

Innalillahi, Mustasyar PCNU Kabupaten Tasikmalaya KH Endang Hidayat Meninggal Dunia

Innalillahi, Mustasyar PCNU Kabupaten Tasikmalaya KH Endang Hidayat Meninggal Dunia
Innalillahi, Mustasyar PCNU Kabupaten Tasikmalaya KH Endang Hidayat Meninggal Dunia
Innalillahi, Mustasyar PCNU Kabupaten Tasikmalaya KH Endang Hidayat Meninggal Dunia

Tasikmalaya, NU Online Jabar
Innalillahi wa Inna ilaihi raajiun. Kabar duka datang dari tokoh Nahdlatul Ulama di Kabupaten Tasikmalaya. Salah seorang Mustasyar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Tasikmalaya, KH Endang Hidayat dikabarkan meninggal dunia pada Senin (12/12). 


Kabar tersebut disampaikan melalui status WA ketua GP Ansor Kabupaten Tasikmalaya, Fahmi Siddiq.


"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Parantos mulih ka rahmatullah, bapak H Endang Hidayat, Ketua PC PMII Tasikmalaya 1965-1969, Ketua Tanfidziyah PCNU Tasikmalaya 1985-1995, Wakil Bupati Tasikmalaya periode 2006-2011. Allohummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fu'anhu, lahul Faatihah," tulisnya.


Saat dikonfirmasi oleh NU Online Jabar, dirinya membenarkan kabar tersebut.


"(meninggalnya) Di rumah sakit TMC Tasikmalaya," jelasnya. "Aya wartos nembe tadi pagi masuk TMC," sambungnya.


Melalui pesan status WA nya, Fahmi juga mengintruksikan kepada seluruh Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor se-Kabupaten Tasikmalaya untuk bisa bertakziyah dan mendoakan KH Endang Hidayat yang terdekat dengan kecamatan Rajapolah. Selain itu, dirinya juga mengajak kepada banser untuk bisa membantu prosesi pemulasaraan dan pemakaman jenazah.


Sebagai informasi, almarhum KH Endang Hidayat lahir pada 4 Juli 1941. Beliau juga pernah menjadi dosen di Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Tasikmalaya dan sekolah Tinggi Hukum Galunggung (STHG) Kabupaten Tasikmalaya. 


Ditempat terpisah, salah seorang keluarga almarhum, Husni Syukri Khotami mengungkapkan, almarhum KH Endang Hidayat meninggalkan seorang istri bernama H Ai Fatimah dan tiga orang anak yakni Dr Hj Hani Solihah, Hj Yanti Nurhayati dan H Ami Fahmi ST. Dari ketiga putra-putrinya, almarhum memiliki 3 orang menantu dan memiliki keturunan, yakni 9 cucu dan 4 cicit.


Ia juga menyebut, prosesi pemakaman almarhum rencananya akan dimakamkan pada hari ini, tepatnya pukul 21.00 WIB di komplek pemakaman keluarga.


"Di makamkan Pemakaman Bani H Rusdi Kp Panembong Rt 02 Rw 06 Desa Manggungjaya," tandasnya.


Pewarta: Muhammad Rizqy Fauzi


Obituari Terbaru