Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

KH Zakky Mubarak: Sabar dan Tabah Sebagai Karunia yang Luhur

KH Zakky Mubarak: Sabar dan Tabah Sebagai Karunia yang Luhur
(Foto: NU Online)
(Foto: NU Online)

Jakarta, NU Jabar Online

Salah satu pesan Nabi yang disampaikan kepada para sahabatnya yang juga berarti disampaikan kepada kita semua. Hal itu diungkapkan oleh Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Zakky Mubarak, melalui video yang diunggah dalam akun Facebook resmi miliknya, Rabu (1/9). 

Ia mengutip hadits Nabi Muhammad SAW:

وَمَنْ يَتَصَبَّرْ يُصَبِّرْهُ اللهُ

"Barang siapa yang menebalkan dirinya dengan ketabahan dan kesabaran, maka Allah akan memberikan kepadanya ketabahan dan kesabaran yang tinggi," kutipnya.

Menurut kiai Zakky, hal itu harus dimulai dari diri kita dulu.

"Kalo kita membekali diri dengan ketabahan dan kesabaran maka Allah akan memberikan kepada kita kesabaran Nya," ujarnya.

Kemudian, ia juga mengutip Hadits Nab SAWi:

وما أعطى اللهُ احَدًا من اعطاءٍ او سَعْ من الصبرِ

"Dan tidaklah Allah memberikan Seseorang dari suatu pemberian yang lebih baik yang lebib luas dari kesabaran," tutur kiai Zakky.

Ia menjelaskan, Nabi Muhammad sudah memaparkan bahwa kesabaran dan ketabahan itu merupakan karunia yang luhur dari Allah yang patut kita syukuri. Maka, setiap diri umat islam harus berlatih dan menjadikan dirinya sebagai orang yang tabah dan bersabar.

"Dengan demikian, Allah akan memberikan kemampuan kesabaran itu pada dirinya sebagai karunia yang agung dan segala sesuatu yang kita jalani, yang ingin kita raih semua memerlukan kesabaran, apapun wujudnya," papar kiai Zakky.

Dalam kesempatan yang sama, Ia juga menuturkan jika kita ingin meraih kehidupan di dunia, maka harus mempunyai kesabaran, termasuk pula diakhirat.

"Maka inilah ditegaskan oleh Nabi tadi, tidak ada karunia yang lebih luas dan lebih agung dari kesabaran yang diberikan Allah kepada kita,"

Ia berharap, sebagai umat islam kita harus selalu mensyukuri atas semua yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita.

"Dengan kesabaran itu kita akan beesikap dewasa dan akan diteladani oleh masyarakat disekeliling kita. Semoga kita bisa meraih kesabaran itu dengan berlatih terus menerus," pungkasnya.

Pewarta: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

Nasional Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×