• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 15 April 2024

Nasional

HAJI 2023

Kemenag: Manasik Bagi Jamaah Haji 2023 di KUA Dimulai Setelah Idul Fitri

Kemenag: Manasik Bagi Jamaah Haji 2023 di KUA Dimulai Setelah Idul Fitri
Kemenag: Manasik Bagi Jamaah Haji 2023 di KUA Dimulai Setelah Idul Fitri
Kemenag: Manasik Bagi Jamaah Haji 2023 di KUA Dimulai Setelah Idul Fitri

Bandung, NU Online Jabar
Direktur Bina Haji Kementerian Agama (Kemenag) Arsad Hidayat mengatakan calon jamaah haji reguler 1444 H/2023 M akan segera menggelar bimbingan manasik haji. Bimbingan manasik tersebut diselenggarakan oleh Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan masing-masing daerah.


Bimbingan Manasik tersebut merupakan proses pembekalan yang dilakukan Kementerian Agama kepada jemaah haji reguler. Pelaksanaannya dilakukan oleh para penyuluh agama, pembimbing ibadah di KUA dan pembimbing ibadah KBIHU. 


Dalam bimbingan manasik, jemaah mendapatkan materi seputar ibadah haji (rukun, wajib, larangan, dan lainnya), termasuk rencana perjalanan ibadah haji (tahapan), kesehatan haji, dan layanan untuk Jemaah haji. Khusus tahun ini, ada tambahan materi seputar haji ramah lansia.


"Secara umum, penyelenggaraan manasik di KUA akan dimulai setelah lebaran Idulfitri," terang Direktur Bina Haji Arsad Hidayat saat memberikan arahan pada rapat zoom tentang Sosialisasi Pelaksanaan Bimbingan Manasik, melansir kemenag.go.id, Kamis (21/4/2023).


Rapat diikuti para Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Provinsi dan ratusan Kepala Seksi PHU Kemenag Kab/Kota se-Indonesia. Hadir juga Kasubdit Bimbingan Jemaah Haji Khalilurrahman beserta jajarannya.


Menurut Arsad, Kemenag Kabupatan/Kota di Pulau Jawa akan melaksanakan 8 (delapan) kali bimbingan manasik. Rinciannya, 6 (enam) kali berlangsung di tingkat KUA Kecamatan, sedang 2 (dua) kali di tingkat Kemenag Kabupaten/Kota.


Untuk Kemenag Kabupaten/Kota di luar Pulau Jawa, bimbingan manasik digelar 10 (sepuluh) kali. Sebanyak 8 (delapan) kali bimbingan manasik berlangsung di tingkat KUA Kecamatan. Sisanya, 2 (dua) kali akan digelar di tingkat Kemenag Kabupaten/Kota.

"Saya minta para Kabid bersama Kasi Kemenag Kabupaten/Kota untuk menyusun jadwal bimsik dan menyosialisasikannya kepada seluruh jemaah haji," tegas Arsad.


"Para Kepala Kemenag Kabupaten/Kota juga perlu membuat surat undangan panggilan Bimsik. Undangan itu bisa digunakan jemaah untuk mengurus perizinan dari kantor mereka masing-masing, khususnya jemaah yang ASN atau pegawai BUMN dan swasta," sambungnya.


"Tahun ini kita mengusung tagline Haji Ramah Lansia. Saya harap semangat yang sama juga melandasi pelaksanaan bimsik sehingga terbangun kesadaran seluruh jemaah sejak awal untuk peduli terhadap sesamanya terlebih jemaah lansia," tandasnya.


Editor: Abdul Manap


Nasional Terbaru