• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 28 Mei 2024

Nasional

R20

Buka Forum R20, Jokowi: Tokoh Agama yang Berbeda Jadi Bagian Penting Persatuan Indonesia

Buka Forum R20, Jokowi: Tokoh Agama yang Berbeda Jadi Bagian Penting Persatuan Indonesia
Presiden Joko Widodo. (Foto: tangakapan layar TVNU).
Presiden Joko Widodo. (Foto: tangakapan layar TVNU).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan dalam pembukaan Forum Agama G20 atau lazim disebut Religion of Twenty (R20) di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali. Kepada delegasi yang hadir dalam Forum R20, Jokowi mengucapkan selamat datang di Indonesia, negara yang terdiri dari 17.000 pulau dengan 3 zona waktu berbeda. 

 

Dalam sambutanya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa Indonesia adalah negara yang sangat majemuk dalam suku bahasa dan agama. Namun, Indonesia dipersatukan ideologi negara yaitu pancasila. Indonesia juga  dipersatukan oleh toleransi dan persatuan yaitu Bhineka Tunggal Ika. 

 

Bahkan keberadaan tokoh-tokoh agama yang berbeda juga menjadi bagian penting dalam mempersatukan Indonesia. "Tokoh-tokoh agama yang berbeda telah menjadi bagian utama dari perjuangan  kemerdekaan Indonesia. Tokoh-tokoh agama yang berbeda juga menjadi menjadi bagian penting untuk mempersatukan Indonesi.  Bahkan tokoh agama yang berbeda juga menjadi bagian penting untuk menyukseskan program pembangunan pemerintah Indonesia," kata Jokowi dalam sambutan pembukaan Forum R20 di Hotel Grand Hyatt, Rabu 2 November 2022. 

 

Jokowi juga menegaskan bahwa keberhasilan Indonesia saat ini termasuk dalam penangan COVID-19  juga berkat kontribusi tokoh-tokoh agama. "Masjid, gereja, pura, vihara, dan klenteng telah menjadi pusat literasi masyarakat di berbagai bidang, gotong royong, lintas tokoh agama juga menjadi kebanggan Indonesia," lanjut Jokowi. 

 

Hal yang juga sangat penting, kata Jokowi, tokoh-tokoh agama dari agama yang berbeda harus terus bekerjasama meningkatkan kontribusi agama dalam menyelesaikan masalah-masalah dunia. "Yang juga sangat penting adalah kita tokoh agama dari berbagai agama dan dari berbagai agama harus bekerjasama untuk meningkatkan kontribusi agama dalam menyelesaikan masalah-masalah dunia untuk mengurangi rivalitas dan menghentikan perang demi dunia yang damai  dunia yang bersatu dan dunia yang bekerjasama untuk mewariskan kebaikan bagi generasi mendatang," kata Jokowi. 

 

"Selamat mengikuti konfereni R20. Semoga berhasil membangun kesepahaman dan kesepakatan serta menyepakati langkah-langkah konkret agar agama berkontribusi yang lebih besar terhadap peradaban dan untuk kemanusiaan serta demi dunia yang lebih membahagiakan," tutup Jokowi. 

 

Siaran pers ini diterbitkan oleh Tim Publikasi R20 PBNU
 


Nasional Terbaru