• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 15 April 2024

Nasional

Alhamdulillah, NU Online Raih Penghargaan sebagai Media Keberagaman dan Toleransi KASAD Awards 2023

Alhamdulillah, NU Online Raih Penghargaan sebagai Media Keberagaman dan Toleransi KASAD Awards 2023
NU Online Raih Penghargaan sebagai Media Keberagaman dan Toleransi KASAD Awards 2023.(Foto: Istimewa)
NU Online Raih Penghargaan sebagai Media Keberagaman dan Toleransi KASAD Awards 2023.(Foto: Istimewa)

Bandung, NU Online Jabar
NU Online sebagai media resmi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mendapatkan penghargaan sebagai Media Daerah kategori Keberagaman dan Toleransi dalam ajang penganugerahan KASAD Awards 2023 yang berlangsung di Aula AH Nasution, Markas Besar TNI Angkatan Darat, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Senin (10/7/2023).


Dalam ajang penganugerahan yang bertajuk ‘Apresiasi untuk Media’ tersebut, NU Online juga meraih penghargaan sebagai Media Daerah dengan kategori Melawan Radikalisme. NU Online termasuk media yang berhasil meraih penghargaan di lebih dari satu kategori.


Penghargaan pertama diserahkan langsung oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof KH Yudian Wahyudi dan selanjutnya diserahkan Wakapolri Komjen Agus Andrianto.


Meraih dua penghargaan sekaligus, Pemimpin Redaksi NU Online, Ivan Aulia Ahsan bersyukur atas pencapaian yang telah diraih. Ia mengapresiasi kerja keras yang selama ini dilakukan tim NU Online.


"Ini menjadi salah satu kado untuk ulang tahun NU Online yang ke-20. Kami senang kerja keras awak NU Online dihargai, juga mengapresiasi inisiatif KASAD untuk membuat KASAD Award karena karya insan pers begitu diapresiasi," ujarnya dikutip NU Online, Senin (6/7/2023).


Dalam ajang penganugerahan ini, Kasad Award 2023 mengangkat sepuluh kategori dalam mengidentifikasi media-media yang konsisten memuat isu strategis yang berhubungan program prioritas pemerintah. Sepuluh kategori itu adalah:


1. Keberagaman dan Toleransi
2. Melawan Radikalisme
3. Pengarusutamaan Gender
4. Inovasi Digital
5. Solidaritas Internasional
6. TNI AD Solusi Kesulitan Rakyat
7. Pembangunan di Daerah 3T
8. Perlindungan Anak
9. Menekan Stunting
10. Pelestarian Kebudayaan


Dalam sambutannya, Ninik mengatakan Dewan Juri menetapkan 24 media pemenang untuk kategori yang terdiri dari 10 media nasional, 10 media daerah, dan 4 media kampus.
 
Pada ajang penganugerahan tersebut, dilakukan proses penyaringan data melalui serangkaian tahapan. Ia mengatakan, pada penyaringan tahap I terjaring hampir 3 juta artikel dari 221 media yang dinilai sesuai dengan 10 kategori.
 
Penyaringan tahap II, dilakukan pengecekan kuantitas berita pada masing-masing perusahaan pers yang semuanya telah terverifikasi Dewan Pers, kecuali media kampus.
 
Selanjutnya, penilaian akhir yang menitikkan bobot penilaian kuantitatif dan kualitatif masing-masing 50 persen dengan verifikasi adjustment oleh dewan juri.
 
Seperti diketahui, KASAD Award 2023 merupakan inisiatif dari Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Dudung Abdurachman untuk memberikan apresiasi kepada media yang mengangkat sepuluh isu strategis dalam pemberitaan. 
 
Sepuluh isu strategis yang menjadi kategori penilaian tersebut menjadi penting karena merupakan bagian dari program prioritas pemerintah dan menjadi perhatian masyarakat.


Nasional Terbaru