• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 15 April 2024

Kota Bekasi

Safari Resolusi Jihad PCNU Kota Bekasi

Safari Resolusi Jihad PCNU Kota Bekasi
Safari Resolusi Jihad PCNU Kota Bekasi. (Foto: NU Online Jabar)
Safari Resolusi Jihad PCNU Kota Bekasi. (Foto: NU Online Jabar)

Bekasi, NU Online Jabar

Dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional (HSN) 22 Oktober, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Bekasi melakukan rangkaian kegiatan, salah satunya Safari Resolusi Jihad NU. Kegiatan tersebut diselenggarakan dari tanggal 10 sampai 20 Oktober yang bertempat di enam Pondok Pesantren yang ada di Kota Bekasi yakni Pondok Pesantren Ar-ridwan Jati Asih, Pondok Pesantren Thariqul Falah Anahdliyah Rawa Lumbu, Pondok Pesantren Mahasina Pondok Gede, Pondok Pesantren Miftahul Janah Jati Sampurna, Pondok Pesantren Fathul Bari Medan Satria, Yayasan Al Wathoniyah 20 Bekasi Barat.

 

“Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengungkap sejarah kepada pengurus NU di masing-masing Kecamatan tersebut dan juga para santri tentang Resolusi Jihad Nahdlatul Ulama yang dicetuskan KH Hasyim Asy’ari 22 Oktober 1945 lalu untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang membakar semangat para kiai, santri di bawah komando laskar Hizbullah dan arek-arek Suroboyo untuk mengusir penjajah tentara Sekutu dari bumi Nusantara ini,” kata Sekretaris PCNU Kota Bekasi, Lukman. 

 

Ketua Panitia Safari Resolusi Jihad Ghozali berharap adanya safari resolusi jihad ini bisa memberikan pemahaman baru tentang sejarah dan menumbuhkan rasa bangga menjadi santri dan memahami pentingnya cinta tanah air.

 

“Memotivasi para santri untuk memperingati Hari Santri Nasional ini, berharap santri hari membuat trade image baru dari yang biasanya santri hanya fokus terhadap ilmu-ilmu agama tapi juga dengan memahami ilmu pengetahun umum di era digital ini,” katanya.

 

PCNU Kota Bekasi juga menggandeng santri inspiratif H Sudjatmiko santri inspiratif wirausaha dan juga pengurus NU ini untuk memotivasi para santri dan juga warga NU bahwa santri bisa jadi pengusaha besar.

 

“Santri harus terlibat aktif dalam negara ini dalam bidang apapun ekonomi, politik, budaya. Karena santri punya peran dalam kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Salah satunya santri harus terlibat dalam ekonomi kreatif, diera disrupsi ini santri harus memiliki kemampuan di semua bidang,” ujarnya.

 

H Sudjatmiko yang sukses di bidang usaha kontruksi dan sudah mempunyai lima perusahaan ini memotivasi santri dan warga NU untuk mempunyai skil di era digital ini. 

 

“Dengan berusaha dengan memiliki perusahaan sendiri santri dan warga NU bisa mandiri dan bisa bermanfaat bagi orang lain yang menjadi salah motto hidup saya khoirunnas anfauhum linnas,” tutupnya.

 

Pewarta: Tyopras
Editor: Agung Gumelar


Kota Bekasi Terbaru