• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Kamis, 23 Mei 2024

Kota Bandung

Profil Singkat H Sarskosih Subki dan KH Eep Nuruddin, Rais Ifadiyyah dan Mudir Imdloiyyah JATMAN Jabar

Profil Singkat H Sarskosih Subki dan KH Eep Nuruddin, Rais Ifadiyyah dan Mudir Imdloiyyah JATMAN Jabar
Profil Singkat H Sarskosih Subki dan KH Eep Nuruddin, Rais Ifadiyyah dan Mudir Imdloiyyah JATMAN Jabar. (Foto: Istimewa)
Profil Singkat H Sarskosih Subki dan KH Eep Nuruddin, Rais Ifadiyyah dan Mudir Imdloiyyah JATMAN Jabar. (Foto: Istimewa)

Bandung, NU Online Jabar

KH Sarkosih Subki dan KH Eep Nuruddin resmi terpilih menjadi Rais Ifadliyah Idaroh Wustho dan Mudir Imdloiyyah Idaroh Wustho Jam’iyyah Ahlith Thariqah al Mu’tabarah an-Nahdliyah (JATMAN) Jawa Barat masa khidmah 2023-2028 pada Musyawarah Idaroh (Musda) yang diselenggarakan di Majalengka pada Sabtu (25/2/2023). 


Keduanya kembali dipercaya untuk melanjutkan kepemimpinannya tersebut setelah sebelumnya juga menjabat sebagai Rais dan Mudir JATMAN Jawa Barat pada periode sebelumnya. 


KH Sarkosih Subki merupakan Pimpinan Pondok Pesantren Mansyaul Huda Majalengka. Ia juga tercatat sebagai salah satu ulama yang aktif di beberapa organisasi. Tercatat, dirinya pernah menjabat sebagai Dewa Penasehat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat, Mustasyar NU Jawa Barat, dan Rais Tsani Thariqah NU Jabar.


Ia juga pernah menjadi Dewan Penasehat Pagar Nusa Jabar, Ketua Penasehat MUI Kabupaten Majalengka, Ketua Dewan Pertimbangan Bazis Majalengka, Ketua Forum Kerukunan antar Umat Majalengka, Pembina STIKKU Kuningan dan Pembina Yayasan Waladun Shalih Majalengka serta menjadi Pembina Yayasan Achmad Sarkosi Subki. 


Berkat keaktifannya inilah pada tahun 2003 KH Sarkosih Subki dianugerahi gelar kehormatan Doctor Honoris Causa di bidang manajemen oleh Chicago International University. 


Sementara itu, Mudir JATMAN Jawa Barat terpilih, yaitu dan KH Eep Nuruddin juga ulama yang amat disegani di Jawa Barat. Beliau yang menjadi pimpinan Pondok Pesantren Al Muhtar Subang, saat ini juga menjabat sebagai Rais PWNU Jawa Barat periode 2021-2026 dan pernah juga masuk dalam jajaran Dewan A’wan PBNU Periode 2015-2020 di bawah pimpinan KH. Said Aqil Siradj.


Editor: Agung Gumelar


Kota Bandung Terbaru