Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Pada Rakernas, LP Ma’arif NU Jawa Barat Harapkan Ada Lisensi Sekolah NU

Pada Rakernas, LP Ma’arif NU Jawa Barat Harapkan Ada Lisensi Sekolah NU
Pada Rakernas, LP Ma’arif NU Jawa Barat Harapkan Ada Lisensi Sekolah NU
Pada Rakernas, LP Ma’arif NU Jawa Barat Harapkan Ada Lisensi Sekolah NU

Bandung, NU Online Jabar
Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakrnas) di Universitas Islam Malang (Unisma) Jawa Timur selama tiga hari yakni Jumat-Senin (26-29/8).

 

Pada acara Rakernas tersebut, Ketua LP Ma’arif Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat, Hj Ifa Faiza Rohmah, harapkan perlu ada semacam lisensi dari LP Ma’arif PBNU bahwa satuan pendidikan, baik madrasah maupun sekolah, untuk membuktikan ke-NU-annya. 

 

“Berharap adanya penguatan legalitas sekolah yang berafiliasi atau mengaku NU tetapi harus ada tanda bukti yang mengesahkan bahwa ini sekolah NU,” katanya sebagaimana diberitakan NU Online, Jumat (26/8/2022).


Sebab, lanjut Ifa, selama ini banyak sekolah yang tidak berlabel Ma’arif atau NU tetapi berafiliasi dengan NU. Menurut dia, sekolah-sekolah tersebut juga perlu difasilitasi oleh LP Ma’arif NU.


“Sejauh ini pendataan itu mengkhususkan sekolah berlabel maarif, sedangkan banyak juga lebih besar bahkan madrasah yang tidak,” ujar Ifa, sapaan akrabnya. 

 

Selama ini sekolah secara komunitas mengakui NU, tetapi belum ada tanda bukti bahwa sekolah tersebut NU sehingga, menurutnya, perlu ada legalisasi terpusat. “Data di PCNU dilegalisasikan dengan sertifikasi dari lembaga,” ungkapnya.


Jika madrasah dan sekolah yang berbadan hukum yayasan seperti di atas dapat terakui, difasilitasi dengan baik, ia meyakin akan ada perbaikan pendidikan yang signifikan. “Kita akan mudah dengan program-programnya,” terang Ifa. 


Lebih lanjut, Ifa sepenuhnya mendukung program-program yang dilaksanakan LP Ma’arif PBNU. Karenanya, Rakernas ini, bagi dia juga merupakan momentum untuk menjalin sinergi dan kolaborasi antara Pengurus Wilayah LP Ma’arif NU untuk sama-sama bergerak memajukan pendidikan NU. 


“Ini menjadi ajang kolaborasi semua Ma’arif se Indonesia untuk saling menguatkan dan saling mengisi satu sama lain,” ungkap Ketua Yayasan Al-Muhajirin, Purwakarta, Jawa Barat itu.

 

Ifa berharap program-program PBNU yang demikian melaju dengan cepat dan tinggi itu juga bisa sinkron dengan NU di bawahnya. “LP Ma’arif PBNU bisa mensinkronkan dengan di bawah,” harapnya. 


LP Ma’arif Jawa Barat ini juga menghadirkan tiga sekolah di Pameran Pendidikan, yaitu SMK NU Kaplongan, Indramayu, Jawa Barat; SMK Al-Fauzaniyyah Garut, Jawa Barat; dan Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Al-Muhajirin, Purwakarta, Jawa Barat.


Editor: Abdul Manap

Terkait

Kota Bandung Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×