• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 15 April 2024

Kota Bandung

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Resmi Diluncurkan, Uji Coba Gratis Diperpajang Hingga Pertengahan Oktober

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Resmi Diluncurkan, Uji Coba Gratis Diperpajang Hingga Pertengahan Oktober
Presiden Joko Widodo saat peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (Whoosh) di stasiun Halim Jakarta Timur (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo saat peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (Whoosh) di stasiun Halim Jakarta Timur (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)

Bandung, NU Online Jabar
Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) resmi diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada hari ini di Stasiun Halim, Jakarta Timur, Senin (2/10/23). Maka dari itu, mulai hari ini kereta cepat pertama di tanah air ini telah resmi beroperasi secara penuh untuk publik.


Presiden Jokowi dalam peresmian tersebut meresmikan kereta cepat dengan diberi nama ‘Whoosh’ akronim dari Waktu hemat, operasi optimal, sistem handal.


"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh saya nyatakan resmi dioperasikan," ujar Jokowi saat peresmian yang disiarkan langsung melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden


Menurut Jokowi kereta tersebut diberi nama Whoosh sesuai dengan bunyi suaranya saat melaju kencang. "Kereta cepat ini kita namakan Whoosh. Dibaca wussss. Terinspirasi dari suara saat kereta melaju, melintas dengan kecepatan tinggi," katanya


Jokowi menyebut kereta cepat Whoosh ini menggunakan teknologi ramah lingkungan dan sistem yang terintegrasi dengan moda transportasi lain. 


Selain itu, Whoosh merupakan kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara. Dengan kecepatan maksimal mencapai 350 km/jam, perjalanan Jakarta-Bandung yang biasanya memakan waktu berjam-jam, kini hanya dalam 46 menit.


Perpanjangan Tiket Gratis
Sebelum diresmikan beroperasi, Whoosh telah di uji cobakan secara gratis selama dua minggu 17-30 September 2023. Uji coba tersebut disambut antusias oleh masyarakat, bahkan tidak cukup waktu satu jam tiket sudah ludes dipesan.


"Sejak dibukanya uji coba publik, kita secara langsung melihat rasa antusias yang luar biasa dimana masyarakat diajak untuk langsung merasakan sendiri kemanfaatannya kereta api cepat Jakarta-Bandung. Tentunya semua berjalan dengan aman dan nyaman, berkat keandalan sistem yang telah teruji," jelas Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan saat peresmian KA Cepat Whoosh di Stasiun Halim, Jakarta Timur, Senin (2/10/23).


Melihat antusiasme tersebut Luhut mengungkapkan pada tahap awal ini, tarif tiket kereta cepat Jakarta-Bandung digratiskan hingga pertengahan Oktober 2023


"Berkat tingginya rasa penasaran masyarakat terhadap uji coba gratis KCJB, maka kami sepakat hingga pertengahan Oktober, pengoperasian kereta cepat Jakarta-Bandung masih tidak digunakan biaya atau gratis," ujarnya


Perlu diketahui untuk memesan tiket Whoosh ini dapat diakses melalui web kcic.go.id atau ayonaik.kcic.co.id


Pewarta: Abdul Manap


Kota Bandung Terbaru