• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Rabu, 24 April 2024

Kota Bandung

Gus Yaqut Resmikan Rumah Toleransi GP Ansor Jabar

Gus Yaqut Resmikan Rumah Toleransi GP Ansor Jabar
Ketua Pimpinan Pusat GP Ansor, KH Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) meresmikan Rumah Toleransi Pimpinan Wilayah GP Ansor Jawa Barat, Rabu (10/8/22). (Foto: NUJO/Manap)
Ketua Pimpinan Pusat GP Ansor, KH Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) meresmikan Rumah Toleransi Pimpinan Wilayah GP Ansor Jawa Barat, Rabu (10/8/22). (Foto: NUJO/Manap)

Bandung, NU Online Jabar
Ketua Pimpinan Pusat GP Ansor, KH Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) meresmikan Rumah Toleransi Pimpinan Wilayah GP Ansor Jawa Barat, Rabu (10/8/22). Peresmian tersebut disaksikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Ketua PWNU Jabar KH Juhadi Muhamad. 

 

Selain itu, peresmian gedung yang beralamat di Jalan Terusan Galunggung, No. 9, Lingkar Selatan, Lengkong, Kota Bandung ini juga dihadiri oleh ratusan anggota Banser perwakilan dari berbagai daerah di Jawa Barat yang memadati halaman Gedung Dakwah PWNU Jabar. 

 

“Gus Dur pernah mengatakan, kenapa Banser saya suruh menjaga Gereja? Karena pada hakikatnya menjaga menjaga Gereja itu adalah menjaga Indonesia, karena tidak akan ada Indonesia kalau tidak ada Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu, Indonesia itu ada karena keragaman, Indonesia itu ada karena banyaknya perbedaan dan kebhinekaan. Jadi menjaga gereja itu adalah salah satu bagian dari cara kita mencintai Indonesia,” ungkap Gus Yaqut. 

 

Ketua GP Ansor Jawa Barat Deni Ahmad Haidar mengajak kepada seluruh kader GP Ansor agar bersama-sama merawat dan mempergunakan Rumah Toleransi ini untuk kemaslahatan bersama.

 

“Mari kita jadikan tempat ini tempat bersama-sama berpikir, tempat kita bersilaturahmi, tempat kita bersilatul amal, sehingga apa yang sudah kita bangun bersama-sama kita hidupkan bersama-sama dan kita maslahatkan dan manfaatkan bersama-sama,” ujarnya.

 

“Ini adalah ikhtiar kita bersama, urunan kita bersama, 2 tahun kita berikhtiar mulai satu kader sepuluh ribu hingga yang ratusan juta. Kalau dikumpulkan bersama-sama ternyata tidak ada yang tidak bisa kita lakukan,” imbuhnya. 

 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan bahwa dirinya siap mendukung langkah-langkah yang dilakukan GP Ansor Jawa Barat termasuk dalam pemaksimalan Rumah Toleransi ini. Ia juga mengatakan siap untuk menerima kritikan dari GP Ansor Jabar. 

 

“Saya juga tetep butuh kritikan karena membangun ini harus dengan obat. Ada obat yang manis dan ada obat yang pahit, tapi dua-duanya obat. Jadi, silahkan narasi-narasi demi Jawa Barat Juara kita gulirkan semata-mata agar Jawa Barat menjadi luar biasa,” ujarnya. 

 

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Kapolda Jawa Barat Brigjen Pol. Bariza Sulfi, Rais Syuriyah PWNU Jawa Barat KH Abun Bunyamin, Perwakilan dari DPRD Jawa Barat KH Oleh Soleh,  Perwakilan Kodam Siliwangi Letkol Inf Donny Ismuali Bainuri, Perwakilan dari partai PKB dan PPP, Perwakilan Pemuda Ormas Islam, Perwakilan Pemuda Umat Hindu dan Kristen, para Ketua PW Ansor se-Indonesia, dan Ansor Banser se-Jawa Barat.

 

Pewarta: Agung Gumelar


Kota Bandung Terbaru