• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Sabtu, 20 April 2024

Kabupaten Cirebon

Dari Bazar UMKM hingga Sembako Murah Jadi Cara MWCNU Karangwareng Peringati Maulid Nabi SAW dan Hari Santri 2023

Dari Bazar UMKM hingga Sembako Murah Jadi Cara MWCNU Karangwareng Peringati Maulid Nabi SAW dan Hari Santri 2023
Dari Bazar UMKM Hingga Sembako Murah Jadi Cara MWCNU Karangwareng Peringati Maulid Nabi SAW dan Hari Santri 2023
Dari Bazar UMKM Hingga Sembako Murah Jadi Cara MWCNU Karangwareng Peringati Maulid Nabi SAW dan Hari Santri 2023

Cirebon, NU Online Jabar
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional 2023 yang digelar oleh Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Karangwareng, Kabupaten Cirebon dimeriahkan dengan Bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Sembako Murah. Kegiatan yang berlangsung lapangan Desa Sumurkondang pada Kamis (12/10/2023) tersebut digelar berkat kolaborasi apik forum Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) dan unsur pemerintahan desa di Kecamatan Karangwareng.


Ketua Tanfidziyah MWCNU Karangwareng KH Andriyanto mengatakan, seluruh rangkaian acara tersebut merupakan bagian dari semangat warga Nahdliyin, unsur pemerintah kecamatan, dan desa-desa di Kecamatan Karangwareng dalam mengimplementasikan tema Hari Santri Nasional 2023.


"Kegiatan-kegiatan yang telah terselenggara, yakni bazar UMKM dan sembako dengan Bulog merupakan implementasi tema 'Jihad Santri Jayakan Negeri' secara konkret," ujar dia.


Selain itu, kata Kiai Andriyanto, rangkaian acra Maulid Nabi dan Hari Santri 2023 juga sebagai ajang untuk mensyiarkan paham Ahlusunnah wal Jama'ah kepada masyarakat Karangwareng.


Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Sumurkondang, Heriyanto mendukung kegiatan Maulid Nabi dan Hari Santri 2023 tersebut. Terlebih, dalam rangkaian acara itu terdapat bazar UMKM sembako murah.
Ia berharap, adanya kegiatan-kegiatan seperti itu dapat membuka pikiran masyarakat, kompak, dan semangat dalam urusan kebaikan serta mengabdi kepada para ulama dan negara.  


"Kami sangat mendukung dan berharap peringatan Maulid Nabi dan Hari Santri ini dapat membangun kekompakan masyarakat untuk berlomba-lomba dalam kebaikan, mengabdi kepada para ulama yang berjasa memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, umara di Kecamatan Karangwareng," katanya.


Ia berharap, kegiatan yang rutin digelar setiap tahunnya itu kian meningkat kemeriahannya. "Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Jokowi yang sudah meresmikan Hari Santri Nasional," ucapnya.


"Semoga penerus ulama, yaitu para santri di Indonesia bisa menjaga negeri kita dan membawanya menjadi lebih baik," imbuhnya.


Sebagai informasi, kegiatan bazar UMKM dan sembako murah difasilitasi oleh Badan Urusan Logistik (Bulog). Mereka menyediakan bahan-bahan makanan pokok dan sejenisnya. 


"Hadirnya Bulog sebagai fasilitator dan pihak utama pengadaan bazar UMKM dan sembako murah merupakan bagian dari ikhtiar untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Selain itu, Bulog berharap adanya bazar sembako dan UMKM ini bisa membantu masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-harinya," ujar salah satu perwakilan Bulog.


Adanya bazar UMKM dan sembako murah ini disambut baik masyarakat setempat. Mereka merasa senang dan menilai kegiatan tersebut sangat bermanfaat.


Selain bazar, peringatan Maulid Nabi dan Hari Santri Nasional 2023 ini juga diiringi beberapa kegiatan lain. Seperti kirab santri, pentas seni dari Pagar Nusa, senam santri dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kecamatan Karangwareng, dan ditutup dengan Karangwareng Bersholawat.


Editor:

Kabupaten Cirebon Terbaru