• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 27 Februari 2024

Kabupaten Bogor

Habib Umar bin Husein Assegaf Sebut Dakwahnya Ulama hingga Walisongo Berangkat dari Akhlakul Karimah 

Habib Umar bin Husein Assegaf Sebut Dakwahnya Ulama hingga Walisongo Berangkat dari Akhlakul Karimah 
Habib Umar bin Husein Assegaf Sebut Dakwahnya Ulama hingga Walisongo Berangkat dari Akhlakul Karimah 
Habib Umar bin Husein Assegaf Sebut Dakwahnya Ulama hingga Walisongo Berangkat dari Akhlakul Karimah 

Bogor, NU Online Jabar
Pesantren Darul Irsyad yang berlokasi di Puri Bukit Depok, Blok D1 Desa Sasak Panjang, Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (25/6/2023) mengadakan Tasyakur, Harlah ke IV dan Wisuda ke II dengan mengusung tema 'meraih masa depan cemerlang dengan akhlak mulia dan prestasi gemilang'. Hadir sebagai penceramah salah seorang Pengurus Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Jawa Barat Habib Umar bin Husein Assegaf.


Pimpinan Pesantren Darul Irsyad, KH Qosim Arsyadani Shomad mengaku, dirinya sangat bahagia pada peringatan hari jadi ke IV Pesantren yang dipimpinnya.


"Alhamdulillah hari ini saya sangat bahagia, dengan Harlah yang ke IV dan sejarahnya adalah yang menentukan tanggal pada hari ini yaitu mandat langsung dari guru saya, dan pada waktu itu peresmian dihadiri oleh Bupati Kabupaten Bogor," ujar.


Kiai Qosim berharap, para santri yang lulus dapat Istiqomah menjaga shalatnya dan juga puasa sunnah Senin dan Kamis yang sudah berjalan selama belajar di Pesantren tersebut.


Sementara itu, Habib Umar bin Husein Assegaf mengingatkan agar kita bisa terus mengingat jasa Nabi Muhammad SAW.


"Pada zaman Nabi Muhammad, para ulama sampai Wali Songo dalam mendakwahkan, menyampaikan agama Islam, berangkat dari akhlakul karimah. Tutur kata yang baik, pergaulan yang baik, menyikapi perbedaan dengan santun. Itu yang dilakukan oleh para Wali Songo, ulama-ulama kita," ujar Habib Umar.


Ia mengutip salah satu firman Allah SWT dalam Al-Quran Surat Al-Hujurat ayat 11. "Tidak boleh saling mencaci-maki, meremehkan, mencela, memanggil dengan panggilan yang tidak menyenangkan," jelasnya.


Habib Umar menilai, kebaikan yang disampaikan dengan cara kekerasan akan merusak citra kebaikan itu sendiri. Ia berharap, para santri dan warga kampung Sasak Panjang harus bisa menjaga akhlak sebagai wasilah memperbanyak amal saleh. "Dalam berdakwah kita memang harus menggunakan instrumen yang ada sesuai zamannya. Walisongo dulu dakwahnya pelan-pelan lewat budaya dan dengan cara-cara yang santun, sehingga Islam diterima dengan baik di nusantara," ucapnya.


Habib yang juga selaku Pimpinan Pesantren Atsaqofah An Nahdliyah Majalaya Kabupaten Bandung itu memotivasi para santri yang diwisuda serta para jamaah yang hadir untuk terus berbuat hal-hal baik. Menurutnya, dakwah tidak harus menjadi dai, ustadz atau kiai, tetapi bisa juga menjadi orang yang mengaplikasi kebaikan dimasyarakat dengan Akhlakul Karimah.


Sebagai informasi, acara ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Kiai Hasan Syazili penasehat Yayasan Baitul Ihsan Nusantara Citayam Ragajaya, Bojonggede Kabupaten Bogor. Hadir pada acara Tasyakur, Harlah dan Wisuda Pesantren Darul Irsyad, tokoh masyarakat Citayam Ragajaya, Kiai Hasan Syadzili. Ketua Rijalul Ansor Ragajaya, Ali Ridho. Wakil ketua LTNNU Kabupaten Bogor Abdul Hakim Hasan. Tokoh Agama dan para Ketua RT/RW setempat.


Kegiatan yang digelar sejak pagi hingga siang hari ini diisi dengan beragam penampilan para santri dan santriwati. Mulai dari tim Hadroh, pencak silat Pagar Nusa hingga tim sholawat, dan terakhir ceramah nasihat agama yang dibawakan oleh Habib Umar bin Husein Assegaf.


Sebelum ke acara inti, para santri terlihat begitu khusyuk melantunkan shalawat nabi dengan diiringi rebbana oleh tim Hadroh Pesantren. Selain itu, dalam acara hari lahir ponpes Darul Irsyad tahun 2023, juga melaksanakan pelepasan santri tingkat Madrasah Aliyah. Acara semakin meriah dengan kehadiran da’i kondang tanah Jawa Barat, yakni Habib Umar bin Husein Assegaf biasa disapa Habib Umar Majalaya.


Pewarta: Abdul Hakim Hasan


Kabupaten Bogor Terbaru