Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

KH Abbas Billy Yachsi: Kaya dan Miskin Bukan Otoritas Manusia

KH Abbas Billy Yachsi: Kaya dan Miskin Bukan Otoritas Manusia
KH Abbas Billy Yachsi: Kaya dan Miskin Bukan Otoritas Manusia. (Foto: Dewi RJ).
KH Abbas Billy Yachsi: Kaya dan Miskin Bukan Otoritas Manusia. (Foto: Dewi RJ).

Indramayu, NU Online Jabar
Pimpinan Pondok Pesantren Buntet Cirebon, KH Abbas Billy Yachsi mengisi ceramah dalam rangka Haflah Akhirussanah Madrasah Aliyah (MA) Yayasan Al-Syarifiyah Blok Wideng Desa Bondan Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu pada Minggu (19/6). Ia mengungkapkan bahwa tujuan manusia berpendidikan adalah untuk menyempurnakan akhlak, bukan untuk tujuan duniawi seperti harta atau yang lainnya. 


"Niatkan anak berpendidikan untuk menuntut agama. Tidak untuk kaya, tidak untuk pangkat, tapi untuk syiar agama Allah Swt, kalau niat sudah benar, maka persoalan kaya adalah urusan Allah, manusia tidak bisa mendikte kehendak Allah," ungkapnya. 


KH Abbas Billy Yachsi yang kerap disapa Kang Babas juga mengatakan fenomena yang tidak masuk akal. Menurutnya tidak semua yang berpendidikan akan kaya, dan yang tidak berpendidikan akan miskin. Maka ia menganjurkan untuk selalu berdoa: 


رَضِيْتُ بِاللّٰهِ رَبًّا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلاً رَبِّىْ زِدْنِيْ عِلْمًـا وَارْزُقْنِـيْ فَهْمًـا


Artinya: "Aku rela Allah sebagai Tuhanku, dan Islam agamaku, dan (Nabi) Muhammad sebagai nabi dan rasul, Ya Allah tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah kepadaku pemahaman yang baik,".


Ia juga menyampaikan pentingnya pendidikan yang sesuai dengan ajaran agama. 


"Niatkan mencari ilmu untuk pemahaman agama, namun pemahaman agama pun juga harus di samakan dengan manhaj para ulama Nahdlatul Ulama, agar tidak menyeleweng dan sesat," terangnya.


Sebagai informasi. acara tersebut juga dihadiri oleh masyarakat blok wideng dan sekitarnya, pengamanan disukseskan oleh Gerakan Pemuda (GP) Ansor. 


Pewarta: Dewi Raudlatul Jannah
Editor: Duljani/MRF

Terkait

Indramayu Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×