• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 15 April 2024

Doa

Selamat Hari Ibu Nasional 2023, Berikut Hadiah Doa untuk Ibu Tercinta

Selamat Hari Ibu Nasional 2023, Berikut Hadiah Doa untuk Ibu Tercinta
Ilustrasi/NU Online Jabar
Ilustrasi/NU Online Jabar

Bandung, NU Online Jabar
Tanggal 22 Desember menjadi hari spesial bagi seluruh ibu yang ada di Indonesia. Pasalnya, hari tersebut diperingati sebagai Hari Ibu Nasional. Di tahun 2023, peringatan Hari Ibu Nasional jatuh pada hari Jumat.


Peringatan Hari Ibu Nasional lahir sebagai upaya untuk mengenang dan menghargai jasa para perempuan yang turut ambil bagian dan berjasa merebut kemerdekaan. Peringatan Hari Ibu Nasional juga merupakan upaya untuk mengisi kemerdekaan.


Nah, dalam rangka peringatan Hari Ibu Nasional 2023 ini alangkah baiknya kita memberikan hadiah doa untuk para ibu di Indonesia sebagai bentuk rasa syukur dan penghormatan atas jasa-jasanya. 


Berikut adalah beberapa kumpulan doa untuk ibu tercinta di Hari Ibu Nasional 2023.


Doa Imam Al Ghazali untuk Ibu


رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيْرًا وَاغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنَاتِ وَالمُسْلِمِيْنَ وَالمُسْلِمَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ 


Rabbighfir lī wa li wālidayya warhamhumā kamā rabbayānī shaghīran, waghfir lil mu’minīna wal mu’mināti, wal muslimīna wal muslimāt al-ahyā’I minhum wal amwāti. 


Artinya, “Tuhanku, ampunilah dan kedua orang tuaku sebagaimana keduanya mengasuhku ketika kecil. Ampunilah orang beriman dan orang Islam baik laki-laki maupun perempuan, yang masih hidup dan yang sudah wafat,” (Imam Al-Ghazali, Ihya’i Ulūmiddīn, [Kairo, Darus Syi’b: tanpa tahun], halaman 578).


Doa Kebaikan untuk Kedua Orang Tua


رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا


Rabbirhamhumā kamā rabbayānī shaghīran


Artinya, “Tuhanku, ampunilah dan kedua orang tuaku sebagaimana keduanya mengasuhku ketika kecil,” (Surat Al-Isra ayat 24).


Alternatif doa lainnya


رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا 


Rabbighfir lī, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānī shaghīrā. 


Artinya, "Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil."


Demikian beberapa doa yang bisa dibaca sebagai hadiah untuk ibu tercinta di Hari Ibu Nasional 2023. Semoga keberkahan dan restu seorang ibu selalu menyertai langkah dan usaha kita. Wallahu a’lam


Doa Terbaru