Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Kumpulan Doa Menuntut Ilmu, Santri dan Pelajar Harus Tahu

Kumpulan Doa Menuntut Ilmu, Santri dan Pelajar Harus Tahu
Kumpulan Doa Menuntut Ilmu, Santri dan Pelajar Harus Tahu. (Ilustrasi/freepik)
Kumpulan Doa Menuntut Ilmu, Santri dan Pelajar Harus Tahu. (Ilustrasi/freepik)

Bandung, NU Online Jabar
Belajar atau menuntut ilmu merupakan sebuah ikhtiar untuk memahami suatu ilmu tertentu, baik memahami ilmu umum atau pun ilmu agama. Bagi umat Islam sendiri menuntut ilmu menjadi hal yang wajib dilakukan baik bagi laki-laki maupun perempuan. Seperti sabda Rasulullah Saw: 

 

طلب العلم فريضةعلى كل مسلم ومسلمة

 

Thalabul ilmi faridhatun ‘ala kulli muslimin wa muslimatin

 

“Menuntut ilmu itu hukumnya wajib, baik bagi laki-laki maupun perempuan.”

 

Dalam menuntut ilmu tentu memerlukan usaha yang gigih, semangat pantang menyerah,  dan terus mau tekun belajar agar cepat memahami apa yang sedang dipelajari. Namun, alangkah lebih baiknya jika kita berdoa terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas untuk menuntut ilmu. 

 

Dengan berdoa diharapkan kita diberi kemudahan dan kelancaran dalam prosesnya, serta ilmu yang didapatkan menjadi ilmu yang bermanfaat di dunia dan di akhirat. Untuk itu berikut ini kumpulan doa menuntut ilmu yang bisa diamalkan. 

 

Doa sebelum belajar

 

اللَّهُمَّ ارْزُقْنَا فَهْمَ النَّبِيِّيْنَ وَحِفْظَ اْلمَرْسَلِيْنَ وَإِلْهَامَ الْمَلَائِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ، بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

 

Allâhummarzuqnâ fahman nabiyyîna wa hifdhal mursalîna wa ilhâmal malâikatil muqarrabîn birahmatika yâ arhamar râhimîna 

 

Artinya: “Ya Allah, anugerahilah kami pemahaman para nabi, hafalan para rasul, dan ilhamnya para malaikat yang dekat (dengan-Mu), sebab kasih sayang-Mu, wahai Dzat yang Mahapengasih.”

 

Doa sesudah belajar

 

اَللّٰهُمَّ اِنِّى قَدِاسْتَوْدَعْتُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ إلَيْهِ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

 

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam.”

 

Doa agar tidak mudah lupa 

 

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ نَفْسِيْ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ 

 

Allâhumma ij’al nafsî muthmainnatan, tu’minu bi liqâika wa tardlâ bi qadlâika

 

Artinya, “Ya Allah, jadikan jiwa kami menjadi tenang, beriman akan adanya pertemuan dengan-Mu, dan rela atas garis yang Engkau tentukan.”

 

Doa agar mudah hafal dan paham pelajaran 

 

فَفَهَّمْنَا سُلَيْمَانَ وَكُلًّا آتَيْنَا حُكْمًا وَعِلْمًا وَسَخَّرْنَا مَعَ دَاوُدَ الجِبَالَ يُسَبِّحْنَ وَالطَّيْرَ وَكُنَّا فَاعِلِيْنَ يَا حَيُّ، يَا قَيُّوْمُ، يَا رَبَّ مُوْسَى وَهَارُوْنَ وَرَبَّ إِبْرَاهِيْمَ، وَيَا رَبَّ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْهِمْ أَجْمَعِيْنَ اللَّهُمَّ ارْزُقْنِيَ الفَهْمَ وَالعِلْمَ وَالحِكْمَةَ وَالعَقْلَ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

 

Artinya, “Kami memberikan pemahaman kepada Sulaiman. Setiap dari mereka Kami berikan kebijaksanaan dan ilmu. Kami tundukkan gunung dan burung kepada Dawud. Mereka bertasbih. Kami lah yang melakukan itu semua. Wahai zat yang hidup, wahai zat yang tegak, wahai Tuhan Musa, Harun, Tuhan Ibrahim, wahai Tuhan Muhammad SAW. Ya Allah, karuniakan aku pemahaman, ilmu, kebijaksanaan, dan akal dengan rahmat-Mu wahai zat yang maha pengasih,” (Lihat Perukunan Melayu Besar, [Jakarta, Alaydrus: tanpa catatan tahun], halaman 99).

 

Doa agar terhindar dari ilmu yang tidak bermanfaat

 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُبِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ وَقَلْبٍ لا يَخْشَعُ وَعَمَلٍ لَا يُرْفَعُ وَدُعَاءٍ لَايُسْمَعُ
 

Artinya: Ya Allah aku berlindung dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyu', amal yang tidak diangkat diterima, dan doa yang tidak didengar.”

 

Doa menjawab soal ujian 

 

رَبِّ يَسِّرْ وَأَعِنْ وَلَا تُعَسِّرْ

 

Rabbi yassir wa a‘in wa lâ tu‘assir 

 

Artinya, “Wahai Tuhanku, mudahkanlah. Bantulah [aku]. Jangan Kaupersulit,” (Lihat Imam An-Nawawi, awal Raudhatut Thalibin, Darul Fikr).

 

Doa mohon ilmu yang bermanfaat 

 

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي, وَعَلِّمْنِيْ مَايَنْفَعُنِيْ, وَ زِدْنِيْ عِلْمًا

 
Artinya: Ya Allah, berilah manfaat kepadaku dengan apa-apa yang Engkau ajarkan kepadaku, dan ajarkanlah aku apa-apa yang bermanfaat bagiku, dan tambahkanlah ilmu kepadaku. (HR. at-Tirmidzi)

 

Doa memohon ampunan bagi guru

 

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِمَشَايِخِنَا وَلِمَنْ عَلَّمَنَا وَارْحَمْهُمْ، وَأَكْرِمْهُمْ بِرِضْوَانِكَ الْعَظِيْمِ، فِي مَقْعَد الصِّدْقِ عِنْدَكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ 

 

Allâhumma-ghfir li masyâyikhinâ wa liman ‘allamanâ wa-rhamhum wa akrimhum biridlwânikal ‘adhîm fî maq’adish shidqi ‘indaka yâ arhamar râhiîn 

 

Artinya: “Wahai Allah ampunilah guru-guru kami dan orang yang telah mengajar kami. Sayangilah mereka, muliakanlah mereka dengan keridhaan-Mu yang agung, di tempat yang disenangi di sisi-Mu, wahai Yang Maha Penyayang di antara penyayang.” (Imam al-Haris al-Muhasibi, Risâlah al-Mustarsyidin, Dar el-Salam, halaman 141)

 

Doa penutup majelis 

 

سُبْحانَكَ اللَّهُمَّ وبِحَمْدِكَ أشْهَدُ أنْ لا إِلهَ إِلاَّ أنْتَ أسْتَغْفِرُكَ وأتُوبُ إِلَيْكَ 

 

Subhânakallâhumma wa bihamdika asyhadu an-lâilâha illâ anta astaghfiruka wa atûbu ilaik 

 

Artinya: “Maha Suci Engkau, ya Allah. Segala sanjungan untuk-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

 

Demikian kumpulan doa bagi yang sedang menuntut ilmu untuk bisa diamalkan. Semoga dengan amalan doa-doa di atas kita diberi kemudahan dan kelancaran untuk memperoleh ilmu yang manfaat. Wallahua’lam

 

Penulis: Agung Gumelar

Terkait

Doa Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×