Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Syekh Fadhil Al-Jilani: Ulama adalah Penerus Seluruh Nabi

Syekh Fadhil Al-Jilani: Ulama adalah Penerus Seluruh Nabi
Syekh Fadhil Al-Jilani: Ulama adalah Penerus Seluruh Nabi. (Foto: NUJO/Wahyu)
Syekh Fadhil Al-Jilani: Ulama adalah Penerus Seluruh Nabi. (Foto: NUJO/Wahyu)

Depok, NU Online Jabar 
Cucu ke-25 Syekh Abdul Qodil Al-jaelani yakni Syekh Muhammad Fadhil Al-Jilani dalam sebuah taushiyahnya menjelaskan bahwa salah satu tugas para nabi adalah menyampaikan ilmu. Namun, berbeda dari para nabi sebelumnya, diturunkannya ayat pertama iqro’ (bacalah) kepada Nabi Muhammad Saw, maka secara tidak langsung ilmu yang disampaikan Nabi Muhammad Saw adalah seluruh ilmu para nabi terdahulu tanpa terkecuali. 


Hal itu dikatakannya pada acara Tabligh Akbar dan Safari Dakwah yang diselenggarkan Universitas Indonesia di Masjid Ukhuwah Islamiyah UI Depok pada Rabu (12/2) dalam rangka menyambut bulan Rajab yang penuh dengan keberkahan.


"Ulama sebagai pewaris para nabi adalah kalimat yang menandakan bahwa para ulama sebagai umat Nabi Muhammad Saw, penerus seluruh nabi, di mana ilmu-ilmu yang disampaikan mewakili dari berbagai latar belakang nabi terdahulu," tutur Maulana Syeikh Fadhil Al-Jilani.


Acara yang diselenggarakan di Masjid Ukhuwah Islamiyah UI Depok tersebut digelar secara terbatas karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 dan tetap mematuhi protokel kesehatan.


Rangkaian acara dimulai dengan pembacaan sari tilawah  yang dilantunkan oleh Sukandi Atmajaya, kemudian disusul dengan pembacaan maulid diba' oleh tim hadrah Pembinaan Lingkungan Kampus (PLK) UI. 


Ketua Masjid Ukhuwah Islamiyah UI Achmad Solechan menyambut baik terselenggaranya acaranya tersebut, dan mengatakan akan selalu mendukung kegiatan keagamaan di Universitas Indonesia yang berbasis penanaman pada nilai-nilai keislaman. 


"Universitas Indonesia akan selalu mensupport kegiatan-kegiatan keagaman yang berbasis penanaman nilai-nilai keislaman dan juga merawat tradisi yang tidak bertentangan dengan agama dan negara," katanya. 


Sementara itu, dalam sambutannya Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswa Universitas Indonesia Abdul Haris menyampaikan, bulan Rajab adalah salah satu bulan penuh rahmat dan penuh keagungan. “Di mana bulan tersebut terdapat peristiwa Isra' dan Mi’raj Nabi Muhammad Saw yang menghasilkan tuntunan untuk melakukan ibadah shalat,” tutupnya. 


Pewarta: Muhammad Wahyu Ariyanto
Editor: Agung Gumelar

Daerah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×