Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

SMK NU Sukagumiwang Miliki Grup Musik Bernama NUVO

SMK NU Sukagumiwang Miliki Grup Musik Bernama NUVO
Personel grup musik NUVO (Foto: NU Online Jabar/Sapitri)
Personel grup musik NUVO (Foto: NU Online Jabar/Sapitri)

Indramayu, NU Online Jabar
Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Sukagumiwang adalah salah satu MWC yang maju di Kabupaten Indramayu. Selain telah memiliki kantor sekretariat permanen, juga mampu mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan yang diberi nama SMK NU Sukagumiwang.

SMK NU Sukagumiwang didirikan pada tahun 2011 dengan membuka dua jurusan, yakni Jurusan Teknik Komputer dan  Jaringan (TKJ) dan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dengan jumlah siswa mencapai 243 anak didik. 

Kepala SMK NU Sukagumiwang, Mashadi kepada NU Online Jabar, Senin (5/9) menjelaskan, sekolah tersebut berada langsung di bawah kendali MWCNU dan merupakan milik MWC bukan milik pribadi atau perorangan. Saat ini menurut Mashadi telah banyak prestasi yang ditorehkan oleh siswa-siswinya, terutama dalam bidang ekstrakurikuler. 

“Kami terus berupaya untuk mengembangkan bakat dan minat para siswa, sehingga potensi siswa yang ada dapat tersalurkan, salah satu ekstrakurikuler yang baru saja terbentuk pada tanggal 01 Juli 2020 adalah grup band sekolah yang diberi nama NUVO Band,” tuturnya.

NUVO menurut Mashadi memiliki arti Nahdlatul Ulama Voice yang bertujuan untuk menyuarakan NU melalui jalur musik. Para personel NUVO Band dibina dan dimanajeri langsung oleh sang kepala sekolah, serta dilatih para musisi senior  Bram, Abimanyu, dan Kajos.

“Setelah melalui proses latihan sejak bulan Juli hingga sekarang, alhamdulillah saat ini sudah ada tiga orang vokalis dari siswi SMK NU yang suaranya sangat merdu, yaitu Dewi Aminah, Lili Diniyah Sari dan Lina. Kini kami sudah sering tampil di publik bahkan secara rutin mengisi hiburan di salah satu tempat wisata yang ada di Sukagumiwang,” ungkap Mashadi.

NUVO Band tampil rutin sebulan sekali setiap Ahad awal bulan di wisata Taman Cileuis Desa Bondan Kecamatan Sukagumiwang, Indramayu. Pada penampilan tersebut NUVO Band mendapat antusiasme dari para pengunjung. 

Vokalis NUVO Band, Dewi Aminah mengaku sangat puas atas penampilan tersebut. Dirinya merasa bangga mampu tampil di hadapan publik, sehingga hal itu semakin meningkatkan rasa kepercayaan dirinya.

“Alhamdulillah berkat bimbingan Pak Mashadi, para pelatih dan support dari teman-teman semuanya, kami dapat tampil maksimal serta bisa memuaskan para penonton, kami belum puas dan kami masih harus banyak berlatih untuk dapat menampilkan persembahan lagu-lagu yang lebih sempurna lagi,” ujar Dewi.

NUVO Band mampu membawakan lagu-lagu shalawatan, lagu pop dan bahkan tarling dangdut yang telah diaransemen kekinian sehingga menarik minat anak muda. Dalam waktu dekat, band milik SMK NU Sukagumiwang itu sudah mendapatkan job panggungan untuk mengisi acara hajatan Ketua MWCNU Sukagumiwang, H Absori yang akan menikahkan putranya. 

Di akhir keterangan, Kepala SMK NU Sukagumiwan, Mashadi menjelaskan, SMK NU  harus mempunyai ciri khas tapi ciri khas yang diminati dan diakui banyak orang, sementara wilayah Sukagumiwang dan sekitarnya mempunyai potensi yang besar dalam bidang seni. 

“Jadi kami berusaha  mengapresiasi potensi itu dalam koridor NU Ahlussunnah wal Jama'ah, agar para kader muda NU bisa aktif di organisasi dan menyebarkan pemahaman bahwa NU bukan hanya ngurusi keagamaan tetapi juga mampu memberi ruang untuk kader-kader muda potensial yang mempunyai bakat dan hobby dalam bidang musik,” tutup Mashadi.

Sementara, Ketua MWCNU Sukagumiwang, H Absori mengaku sangat bangga atas kemampuan SMK NU dalam memberikan wadah kepada para siswa khususnya dalam bidang seni music, apalagi band yang telah dibentuk saat ini sudah bisa tampil dan siap menghibur masyarakat.

“Kami sebagai pengurus MWC tentu sangat mengapresiasi prestasi yang telah diraih oleh para siswa, semoga dengan banyaknya siswa yang mampu tampil di masyarakat akan semakin menarik minat warga untuk menyekolahkan anaknya di SMK NU Sukagumiwang, karena sekolah ini merupakan milik Nahdliyin dan kami dari MWC hanya sebagai kepanjangan tangan untuk mendorong kemajuan sekolah ini,” pungkas H Absori. 

Pewarta: Sapitri
Editor: Iing Rohimin

Terkait

Daerah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×