Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Rimba Basuki Mahasiswa NU di IPB Jadi Putera Padi Indonesia 2020

Rimba Basuki Mahasiswa NU di IPB Jadi Putera Padi Indonesia 2020
Rimba Basuki (Foto: NU Online Jabar/An Sabila Rohmah)
Rimba Basuki (Foto: NU Online Jabar/An Sabila Rohmah)

Mahasiswa NU di Institut Pertanian Bogor, Rimba Basuki, mewakili provinsi Jawa Barat pada pemilihan Putera dan Puteri Padi Indonesia 2020 yang diadakan di Auditorium Gedung F Kementerian Pertanian, Jakarta akhir bulan lalu. 

Kegiatan ini dihadiri sejumlah komponen pertanian Indonesia, pelaku UMKM Jabodetabek, Staf Khusus Menteri Pertanian, Yessiah Eri Tamalagi, Biro Humas  dan Informasi Publik Kementerian Pertanian dan yang lainnya.

Pada momentum yang berlangsung Jumat (27/11) sampai Ahad (29/11) itu, Rimba  berhasil menjadi Wakil II Putera Padi Indonesia 2020. Ia bersama peserta lain tampil berpidato tentang pertanian, tanya jawab, dan peragaan busana. Semua finalis menampilkan gagasan pertanian. Kemudian mereka diformat untuk menjadi duta dan influencer pertanian serta promosi produk pangan dan pertanian UMKM. 

Menurut Rimba, pertanian bukan sekadar mencangkul di sawah, akan tetapi banyak hal yang bisa didapatkan dari pertanian. Ia termotivasi oleh sang senior di IPB, Holidin, Putera Padi 2019.

Lelaki yang memiliki hobi menggambar dan bercocok tanam ini sedang disibukkan dengan kuliah, menjadi MC, serta menjadi kepala Divisi Project ROC Kader Lingkungan x Rumah Beta Foundation 2020. Salah satu bukti nyata kontribusinya yaitu Program Sedekah Sampah. 

Dia berkata bahwa dalam program tersebut, sampah akan dijemput, kemudian disetorkan ke bank sampah.

Selain bergerak dalam bidang pertanian, mahasiswa Departemen Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan ini aktif Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU). 

Dia diketahui mengikuti KMNU sejak tingkat satu, tepatnya pada semester 1 dan masih aktif sampai sekarang sebagai anggota. Di sela-sela kesibukkannya pun dia masih menyempatkan waktu untuk mengikuti kegiatan yang diadakan rutin oleh KMNU.

Pewarta: An Sabila Rohmah
Editor: Abdullah Alawi 

 

Terkait

Daerah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×