• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Sabtu, 20 April 2024

Daerah

Lirik Potensi Ekonomi Baru, Ansor Kota Sukabumi Realisasikan Program Budidaya Ikan Air Tawar

Lirik Potensi Ekonomi Baru, Ansor Kota Sukabumi Realisasikan Program Budidaya Ikan Air Tawar
Lirik Potensi Ekonomi Baru, Ansor Kota Sukabumi Realisasikan Program Budidaya Ikan Air Tawar di Pondok Pesantren Al-Muslim Mandiri, Kamis (16/9). (Foto: Amus Mustaqim)
Lirik Potensi Ekonomi Baru, Ansor Kota Sukabumi Realisasikan Program Budidaya Ikan Air Tawar di Pondok Pesantren Al-Muslim Mandiri, Kamis (16/9). (Foto: Amus Mustaqim)

Sukabumi, NU Online Jabar
Pengurus Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Sukabumi kembali menebar bibit ikan air tawar guna merealisasikan Program Kerja Cabang dalam pemberdayaan kader yang memiliki potensi di bidang Perikanan pada Kamis, (16/9). Kegiatan tersebut bertempat di Pondok Pesantren Al-Muslim Mandiri, Lembursitu Kota Sukabumi dengan mengusung tema "Mendorong Potensi Ekonomi Baru untuk Kemandirian Organisasi".

Ketua Cabang GP Ansor Kota Sukabumi Sudar Fauzi menyampaikan perikanan merupakan salah satu peluang usaha yang sangat baik, terlebih Indonesia sebagai negara yang memiliki potensi perairan khususnya Sukabumi cocok dijadikan sebagai pusat perikanan yang menjanjikan nilai rupiah.

"Potensi perairan Indonesia itu tidak hanya di laut, tapi di air tawar juga ada potensi yang harus kita manfaatkan untuk sumber pemberdayaan khususnya Perikanan, sektor ini harus semakin banyak dikembangkan tidak terkecuali kader Ansor," tuturnya

Ia juga mengungkapkan, realisasi program kerja tabur benih ikan lele ini merupakan ikhtiar yang produktif, dengan harapan bisa menjadi alternatif pendukung potensi kader di sektor perikanan. Sehingga kedepan program seperti ini bisa menjadi program unggulan kader untuk menopang kemandirian ekonomi organisasi.

Dalam kesempatan yang sama, salah seorang pengelola ikan air tawar Ijay Jaelani menjelaskan, program budidaya ikan air tawar ini menjadi pilot project kader Ansor, digarap dan dikembangkan sebagai upaya pemberdayaan sehingga kader menjadi berdaya guna dan berhasil guna.

"Insyallah ini akan menjadi pilot project, digarap dan dikembangkan supaya kader berdaya guna dan berhasil guna untuk pemberdayaan kader di bidang budidaya ikan air tawar," jelas ijay selaku Bendahara PC GP Ansor Kota Sukabumi itu.

Selain itu ia juga mengungkapkan, realisasi program budidaya ikan air tawar itu memakai Bioflok Pondok Pesantren Almuslim yang sudah menjalankan selama dua tahun terakhir ini.

"Realisasi program Budidaya Ikan Air Tawar yang sekarang ini untuk sementara memakai tempat Bioflok milik Pondok Pesantren Al Muslim, kedepan kita akan menyediakan khusus untuk setiap kader yang memilik bakat kecenderungan terhadadap perikanan," pungkas Ijay.

Pewarta: Amus Mustaqim
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi


Daerah Terbaru