• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Jumat, 19 April 2024

Daerah

LIPSUS COVID-19

Lembaga Kesehatan NU  Indramayu Siap Sukseskan Program Vaksinasi Covid-19

Lembaga Kesehatan NU  Indramayu Siap Sukseskan Program Vaksinasi Covid-19
ilusrasi (NU Online)
ilusrasi (NU Online)

Indramayu, NU Online Jabar
Penularan virus corona di Indonesia masih menunjukkan tren penambahan, dalam update data kasus Covid-1-9 per hari Ahad (10/1), total konfirmasi positif mencapai 828.026 kasus, angka ini menunjukkan bahwa tiap hari menunjukkan peningkatan. Adapun kasus sembuh dari virus corona di wilayah Indonesia juga mengalami penambahan. Dalam update data per hari ini Minggu 10 Januari 2021, terdapat penambahan kasus sembuh dari Covid-19 sebanyak 7.513 orang (sumber: covid19.go.id).

Sedangkan di Kabupaten Indramayu sendiri Jumlah pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat bertambah 37 orang dalam 24 jam terakhir. Dengan demikian hingga Kamis (7/1/2021), terdapat 1.402 orang yang sembuh dari Covid-19. Sementara untuk penambahan kasus baru Covid-19 di Kabupaten Indramayu mengalami penambahan 52 orang, sehingga jumlah seluruh pasien terkonfirmasi mencapai 2.145 orang. Selanjutnya untuk pasien meninggal dunia, tidak mengalami penambahan, sehingga total keseluruhan mencapai 80 orang. 

Adapun pasien positif yang masih dalam perawatan di rumah sakit ataupun yang melakukan isolasi mandiri jika dijumlah keseluruhan telah mencapai 663 orang (sumber: Diskominfo Indramayu).

Simulasi pemberian Vaksin sendiri telah dilaksanakan yaitu tanggal 8 Januari 2021 yang dipusatkan di Puskesmas Margadadi yang dihadiri oleh Plt. Bupati Indramayu Taufik Hidayat, Kepala Dinas Kesehatan Deden Bonni Koswara, Camat Indramayu, unsur TNI dan Polri, dan berbagai unsur lainnya. Dalam simulasi tersebut diperagakan, berbagai tahapan mulai dari pendaftaran, skrining pasien, penyuntikan, hingga observasi selama 30 menit pasca dilakukan vaksinisasi.

Lembaga Kesehatan Nahlatul Ulama (LKNU) Kabupaten Indramayu dalam hal ini siap untuk mensukseskan program pemerintah dalam pemberian vaksinasi Covid-19, baik melalui penyebarluasan infomasi kepada masyarakat, penyuluhan tentang Vaksin dan yang mayoritas Pengurus LKNU Indramayu adalah tenaga Kesehatan maka LKNU Kabupaten Indramayu juga siap membantu dalam pemberian Vaksin covid 19 kepada masyarakat, khususnya warga Nahdliyin.

Ketua LKNU Indramayu, HM Saidi kepada NU Online Jabar, Senin (11/1) menjelaskan, sebagai langkah kongkrit LKNU akan melakukan kerjasama program dengan dinas terkait yaitu Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu dalam membantu program pemerintah untuk suksesnya Vaksinasi Covid 19 yang akan dilaksanakan secara serentak tanggal 22 Januari 2021.

“Tujuan utama pemberian vaksin Covid-19 adalah membantu tubuh untuk mengembangkan kekebalan terhadap virus penyebab Covid-19 tanpa harus terserang penyakit terlebih dahulu. Namun, perlu diketahui bahwa setiap jenis vaksin bekerja dengan cara yang berbeda,” jelasnya.

“Setelah mendapatkan vaksin, tubuh membutuhkan waktu beberapa minggu untuk memproduksi limfosit-T dan limfosit-B. Oleh karena itu, selama waktu ini, seseorang tetap memiliki peluang untuk tertular virus penyebab Covid-19, karena vaksin tidak mempunyai cukup waktu untuk memberikan perlindungan. Terkadang proses pembentukan kekebalan tubuh setelah vaksinasi juga dapat menimbulkan gejala, seperti demam. Gejala ini normal dan merupakan tanda bahwa tubuh sedang membangun kekebalan,” tambahnya.

Menurut Ketua LKNU Indramayu, saat ini berkembang informasi yang menyesatkan di kalangan masyarakat soal vaksin covid-19, maka pihaknya siap turut serta mensukseskan program vaksinasi dengan cara turut memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Semuanya sudah jelas bahwa vaksin itu aman dan bahkan MUI sudah mengeluarkan fatwa bahwa vaksin covid-19 itu halal, jadi kita sebagai warga NU harus turut serta memberikan pemahahaman kepada masyarakat, agar masyarakat tidak ragu, takut atau bahkan menolak vaksinasi tersebut,” tutur HM Saidi.

“Vaksinasi adalah ikhtiar kita bersama untuk menghentikan pandemi ini, semoga segala perdebatan dan pro kontra tentang vaksin itu segera dihentikan, alih-alih kita turut serta membantu pemerintah, yang ada malah menambah kekisruhan dan menimbulkan polemik baru, maka sekali lagi kami tegaskan LKNU Indramayu mendukung secara penuh program vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah dan kami juga siap mensukseskannya,” tutup Ketua LKNU Indramayu, HM Saidi.

Pewarta: Iing Rohimin
Editor: Abdullah Alawi 


Daerah Terbaru