• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Sabtu, 20 April 2024

Daerah

KH Zakky Mubarak

Kiai Zakky: Puasa Menanamkan Kejujuran

Kiai Zakky: Puasa Menanamkan Kejujuran
Kiai Zakky: Puasa Menanamkan Kejujuran
Kiai Zakky: Puasa Menanamkan Kejujuran

Jakarta, NU Online Jabar
Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Zakky Mubarak Syamrakh mengatakan bahwa puasa dapat menanamkan kejujuran dalam diri manusia, tidak hanya puasa, ibadah lain juga dapat menanamkan kejujuran dan dapat menguji nilai kejujuran manusia.


Menurut Kiai Zakky dalam hal ibadah kejujuran begitu penting diterapkan, dengan kejujuran dapat menentukan kualitas dan ke khusuan manusia dalam beribadah.


“Salah satu hikmah melaksanakan ibadah syiam atau puasa adalah menanamkan pada diri kita kejujuran dala segala kehidupan kita. Kejujuran sangat penting dalam kehidupan kita, karena kejujuran akan mengantarkan pada kesuksesan yang maksimal baik di dunia maupun di akherat,” kata Kiai Zakky melalui video yang diunggah pada akun facebooknya Zakky Mubarak Syamrakh, Selasa (5/4/22).


Dalam kehidupan beragama kata Kiai Zakky tidak boleh mendustakan agama, tidak boleh mendustakan ibadah, walau ibadah tidak ada yang mengawasi selain dari pada Allah, tetap harus mengutamakan kejujuran, berusaha tegak dengan khusu dan yakin bahwa Allah mengawasi. 


“Kita harus jujur, kita tidak boleh dusta dalam masalah agama, kita tegakan agama dengan jujur dan melaksanakannya dengan jujur, walau tidak ada yang mengawasi secara fisik, kita harus tetap jujur dan khusu menegakan dan yakin bahwa Allah selalu mengawasi,” tuturnya.


“Kita perlu kejujuran kalau gak ada kejujuran gak ada ibadah syiam, ibadah haji dan ibadah sholat. Sholat juga perlu kejujuran, kita sholat harus menampakan diri sebagai orang yang sedang sholat, hati kita juga harus sedang sholat,” imbuhnya.


Lanjut Kiai Zakky, tidak hanya dalam segi ibadah dalam kehidupan sosial bermasyarakat juga harus jujur agar menjadi orang yang selalu amanah.


“Dalam kehidupan bermasyarakat kejujuran merupakan hal yang sangat penting, kalau kita jujur, kita di percaya oleh masyarakat, kalau tidak jujur kita tidak akan di percaya, begitu juga dalam kehidupan ekonomi, kita berdagang, berbisnis, itu modalnya kejujuran, itu akan sukses bahkan kalau kita tidak punya modal, modal kejujuran dapat membawa bisnis yang amanah,” ujarnya.


“Kejujuran merupakan faktor penting, maka puasa ini sesungguhnya adalah mendidik kita supaya jujur dalam segala aspek kehidupan kita dan dengan kejujuran kita akan meraih kesuksesan lahir batin duniawi dan ukhrawi,” pungkasnya.


Pewarta: Abdul Manap


Daerah Terbaru