Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

KH Oman Fathurahman: Khidmat untuk Pesantren Akan Datangkan Keberkahan

KH Oman Fathurahman: Khidmat untuk Pesantren Akan Datangkan Keberkahan
pengurus Ta'mir Masjid Jami Al-Hamidiyah masa khidmat 2022-2023. (Foto: Abdul Mun'im Hasan).
pengurus Ta'mir Masjid Jami Al-Hamidiyah masa khidmat 2022-2023. (Foto: Abdul Mun'im Hasan).

Depok, NU Online Jabar
Pengasuh Pesantren Al-Hamidiyah Depok KH Oman Fathurahman menitipkan pesan kepada pengurus Ta'mir Masjid agar selalu mengedepankan profesionalitas dalam berkhidmat. 


"Berkhidmat untuk Pesantren tentunya akan mendatangkan keberkahan, menjadi santri tidak hanya belajar tetapi juga harus mengamalkannya, semua harus dengan Nizom ( النظام) yakni dengan sistem persiapan yang matang," tegas Kiai Oman saat melantik pengurus Ta'mir Masjid Jami Al-Hamidiyah masa khidmat 2022-2023 di lapangan depan Pesantren pada Jum'at (2/4). 


Kiai Oman juga mengungkapkan, santri hendaknya memahami organisasi sejak dini, hal ini untuk bekal ketika kalian di luar nantinya. Menurutnya, dengan jati diri santri Pesantren Al-Hamdiyah harus juga difahami, yakni (Sederhan berjiwa mandiri, Anti kekerasan rendah hati, Nurut guru dan kiai, Tidur teratur bangun dini hari, Rajin belajar dan mengaji, Ikuti aturan disiplin diri). 


Lalu, Kiai Oman mengungkapkan perkataan dari Sayyida Ali bin Abi Thalib Kw bahwa 


اَلْحَقُّ بِلاَ نِظَامٍ يَغْلِبُهُ اْلبَاطِلُ بِنظَامِ


Artinya: Kebenaran yang tidak diorganisir dapat dikalahkan oleh kebatilan yang diorganisir (Ali bin Abi Thalib)


"Santri akan sukses ketika dirinya sejak dini mengikuti tata tertib, ikut serta juga aktif dalam berorganisasi, dalam artian Khidmat di Pesantren untuk keberkahan ilmunya terutama ketika di luar nanti," pungkasnya


Sebagai informasi, Ta'mir Masjid Al-Hamidiyah merupakan organisasi pertama yang dibentuk oleh Almagfurlah KH Achmad Sjaichu sebelum organisasi kesantrian lainnya. Terbentuknya Ta'mir Masjid di Pesantren Al-Hamidiyah pada tahun 1989 setahun setelah  berdiri Pesantren pada tahun 1988.


Perjalanan organisasi Almagfurlah KH Achmad Sjaichu selain di Nahdlatul Ulama, beliau juga sempat menjadi Sekretaris Jendral Persatuan Masjid Seluruh Dunia. 


Selain itu, pada pelantikan Ta'mir Masjid yang terpilih sebagai ketua Abdul Adli Albiruni masa khidmat 2022-2023 menggantikan Rizwan Romzi pada periode 2021-2022 dihadiri KH Abdul Rasyid Lc selaku Wakil Pengasuh Bidang Kepesantrenan dan Asrama yang juga menjadi santri di awal terbentuknya Ta'mir Masjid pada masa Al-Magfurlah KH Achmad Sjaichu. 


"Awal adanya organisasi kesantrian di Pesantren Al-Hamidiyah adalah Ta'mir Masjid, ini menjadi cikal bakal organisasi berikutnya yakni ISPAH (Ikatan Santri Pesantren Al-Hamidiyah)," tutur lulusan Iraq University yang juga sebagai alumni Pesantren Al-Hamidiyah.


Upacara pelantikan Ta'mir Masjid dihadiri seluruh santriwan dan santriwati, Ustadz Suma Wijaya, Kepala Kajian Islam dan Asrama, Ust Syifa Zakaria Koordinator Putra, Ustadzah Shofiah Koordinator Putri, Ustadz Abdul Mun'im Pembina Ta'mir Masjid Masa Khidmat 2022-2023.


Pewarta : Abdul Mun'im Hasan
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

Daerah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×