• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Jumat, 23 Februari 2024

Daerah

Angkat Seni dan Tradisi Guyub di Masyarakat, Lesbumi PCNU Gelar Festival Film Pendek

Angkat Seni dan Tradisi Guyub di Masyarakat, Lesbumi PCNU Gelar Festival Film Pendek
Angkat Seni dan Tradisi Guyub di Masyarakat, Lesbumi PCNU Gelar Festival Film Pendek. (Foto: Sofhal Adnan).
Angkat Seni dan Tradisi Guyub di Masyarakat, Lesbumi PCNU Gelar Festival Film Pendek. (Foto: Sofhal Adnan).

Cirebon, NU Online Jabar
Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cirebon menggelar Festival Film Pendek dengan mengangkat tema tantang seni dan tradisi guyub di masyarakat. Ketua Lesbumi PCNU Kabupaten Cirebon, Baequni mengatakan, acara tersebut akan mementaskan produk film pendek dan seni budaya dari wilayah III Cirebon dan diikuti oleh para seniman serta anak-anak muda lintas agama dan budaya.


"Masyarakat kita adalah masyarakat yang guyub, suka menolong dan bergotong-royong. Dengan Festival Film Pendek ini kita akan meng-capture tradisi dan kearifan lokal yang menunjukkan keguyuban masyarakat itu ke dalam film pendek," kata Baequni, Selasa (19/4).


Ketua Panitia Festival Film Pendek, Wahyono, secara teknis festival ini merupakan ajang kompetisi membuat film pendek. Adapun pendaftarannya, kata dia, dibuka sejak tanggal 15-30 April 2022. Kemudian karya film tersebut harus dikirimkan ke panitia sebelum tanggal 20 Mei 2022. 


"Setelah itu, kita akan mengadakan pementasan film sekaligus pengumuman juaranya tanggal 28 Mei 2022 di Pendopo Bupati Cirebon," ujar Wahyono.


Ia melanjutkan, untuk para juara, pihaknya menyiapkan hadiah. Yang besarannya yakni untuk juara 1 sebesar Rp 7 juta, juara 2 sebesar Rp 5 juta, dan untuk juara 3 sebesar Rp 3 juta.


Adapun cara mendaftarnya, kata dia, yakni dengan mengisi formulir pendaftaran melalui https://bit.ly/Reg_FFWG. Pendaftar wajib mengunggah film di channel Youtube sendiri atau terbuka juga untuk mengunggahnya di media sosial lain seperti Facebook dan Instagram dengan tagar #FestivalFilmWargaGuyub, 


Selanjutnya, sambung Wahyono, mengirimkan sinopsis film, poster film, link unggahan film dan 3 Still Image dari potongan adegan. Semua dikirimkan melalui https://bit.ly/Karya_FFWG sebelum tanggal 20 Mei 2022.


"Adapun syarat dan ketentuannya, untuk kategori film berupa Fiksi, animasi, dokumenter, bukan berupa teaser, atau iklan. Tema film adalah tentang tradisi atau kebiasaan masyarakat atau kearifan lokal yang menunjukkan keguyuban masyarakat atau rukun, gotong royong," katanya.


Kemudian, untuk durasi filmnya,lanjut dia, yakni maksimal 10 menit sudah termasuk judul dan credit tittle. Film yang menggunakan bahasa daerah wajib menggunakan subtitle bahasa Indonesia. Peserta boleh mendaftarkan lebih dari satu karya. Pendaftaran tidak dipungut biaya. Film yang didaftarkan akan melewati proses kurasi.


Selanjutnya, kata dia, peserta bertanggungjawab dan sudah memiliki izin atas seluruh property intelektual yang digunakan dalam film (cerita, music, lagu dan lainnya). Panitia Festival Film Warga Guyub berhak menggunakan materi film berupa: potongan film, poster, still image, trailer untuk kepentingan publikasi.


"Dan terakhir, peserta setuju untuk memutarkan filmnya pada Festival Film Warga Guyub selama kegiatan berlangsung," pungkas Wahyono.


Pewarta: Sofhal Adnan
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi


Daerah Terbaru