• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 16 April 2024

Cianjur

Teladani Hadratussyekh KH Hasyim Asy'ari, PC IPNU-IPPNU Cianjur Gelar Nobar Film Sang Kiai

Teladani Hadratussyekh KH Hasyim Asy'ari, PC IPNU-IPPNU Cianjur Gelar Nobar Film Sang Kiai
PC IPNU-IPPNU Cianjur Gelar Nobar Film Sang Kiai
PC IPNU-IPPNU Cianjur Gelar Nobar Film Sang Kiai

Cianjur, NU Online Jabar 
Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Kabupaten Cianjur menggelar Nonton Bareng (Nobar) Film Sang Kiai, di SMP Negeri 2 Karangtengah, Jalan Baros, Desa Sukataris, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Selasa (18/10).

 

Pagelaran Nobar tersebut dalam rangka Pesantren Expo, bagian dari rangkaian peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2022, kerjasama PCNU dan Pemerintah Daerah Cianjur selama 17 hari.


Ketua Panitia, Fajar Maulana menuturkan, Film Sang Kiai berdurasi 2 jam 16 menit ini disaksikan dengan media proyektor yang ditayangkan di depan para pelajar. Mereka nampak antusias duduk bersila menyaksikan film garapan Sutradara Rako Prijianto tersebut.

 

"Penayangan film ini begitu penting, karena peristiwa Resolusi Jihad NU 22 Oktober 1945 yang dikenal Hari Santri Nasional, ada irisannya dengan pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang sekarang diperingati sebagai Hari Pahlawan," ungkapnya

 

Fajar menjelaskan, fatwa Resolusi Jihad NU telah berhasil membakar api semangat para pahlawan kemerdekaan dari kalangan kiai dan santri yang bertempur melawan penjajah. 

 

"Kita berharap dengan adanya penayangan film ini, para pelajar dapat mengenal dan mengenang jasa-jasa para ulama yang telah berjuang untuk memerdekakan Indonesia tercinta ini dan menumbuhkan rasa cinta tanah air," lanjutnya.

 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PC IPNU Kabupaten Cianjur, Muhammad Mansyur berharap dengan adanya pemutaran film Sang Kiai pada HSN para pelajar dapat meneladani sikap perjuangan KH Hasyim Asy'ari dan semangat para santri dalam memperjuangkan kemerdekaan.

 

"Semoga HSN ini dapat membangkitkan semangat juang kita selaku pelajar dalam meneruskan perjuangan para ulama dan santri yang gugur di medan perang," katanya.

 

Hal senada disampaikan oleh Bendahara PC IPPNU Kabupaten Cianjur, Mimah Rohimah, dengan menonton film Sang Kiai, banyak sekali hikmah dan motivasi yang didapatkan khususnya bagi para pelajar.

 

"Kita menjadi tahu bahwasannya yang memperjuangkan negara kesatuan Republik Indonesia ini bukan hanya pahlawan yang selama ini diketahui saja, tetapi para santri dan kiai pun ikut berjuang hingga tetes darah penghabisan," pungkasnya

 

Perlu diketahui, SMPN 2 Karangtengah adalah sekolah ke-6 yang telah dikunjungi dalam acara Pesantren Expo peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022

 

Editor: Abdul Manap


Cianjur Terbaru