Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Relawan Lesbumi PWNU Jabar Ajak Anak-anak Melukis dan Mewarnai Bertema "Cianjur Bangkit"

Relawan Lesbumi PWNU Jabar Ajak Anak-anak Melukis dan Mewarnai Bertema "Cianjur Bangkit"
Relawan Lesbumi PWNU Jabar Ajak Anak-anak Melukis dan Mewarnai Bertema "Cianjur Bangkit". (Foto: NU Online Jabar/Nasihin)
Relawan Lesbumi PWNU Jabar Ajak Anak-anak Melukis dan Mewarnai Bertema "Cianjur Bangkit". (Foto: NU Online Jabar/Nasihin)

Cianjur, NU Online Jabar

Gempa yang terjadi di Cianjur, senin (21/11) berkekuatan 5,6 magnitudo, menelan banyak korban jiwa dan luka-luka, ribuan orang mengungsi di tenda-tenda darurat karena hancurnya rumah-rumah penduduk dan sebagian infrastruktur.

 

Menurut data terakhir BNPB (01/12) Jumlah korban jiwa sebanyak 328 orang, total pengungsi 108.720 jiwa, luka berat 61 orang dan hilang 12 orang.

 

Bencana tersebut menyisakan trauma bagi penduduk Cianjur dan sekitarnya, Relawan Lembaga Seni dan Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) PWNU Jabar kemudian bekerjasama dengan Posko Gabungan, diantaranya dengan Relawan Tapak Tiara mengadakan pendampingan psikososial bagi para penyintas.

 

Bertempat di Posko Kampung Longkewang, Desa Gasol Kecamatan Cugenang (29-30/11) Kegiatan pendampingan itu diadakan. 

 

Relawan Lesbumi diwakili Ilham rahman dan Penulis, kemudian mengajak anak- anak untuk bermain, melukis dan mewarnai. Kegiatan permainan itu diikuti sekitar 30 anak-anak, dipandu oleh kawan-kawan dari Posgab (Posko Gabungan).

 

Ilham rahman sebagai pemandu permainan anak-anak, memulai kegiatan dengan permainan tebakan huruf vokal, anak-anak pun sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, disela kegiatan, banyak sekali anak-anak yang salah pengucapan yang membuat suasana menjadi penuh tawa, kepolosan mereka menjadi kelucuan yang membuat gelak tawa teman-temannya bahkan orang dewasa.

 

Kegiatan diteruskan dengan membagikan alat gambar dan mewarnai yang di support Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah NU (LAZISNU) Jabar.

 

"Cianjur Bangkit" adalah tema yang diangkat dalam kegiatan melukis dan mewarnai tersebut. "Saya akan membuat sketsa wajah anak-anak, kemudian biar mereka mewarnainya menurut imajinasi masing-masing, hal itu akan membuat mereka semangat kembali belajar dan bermain."

 

"Dengan semangat dan karyanya anak-anak itu akan menunjukan, bahwa paska bencana mereka bisa survive sekaligus memberi motivasi bagi orang dewasa untuk kembali bersemangat membangun Cianjur Bangkit kembali." Tutur Ilham rahman disela kegiatan.

 

Kegiatan tersebut rencananya akan dilakukan dan dikembangkan ke kegiatan lainnya, karena pemulihan dari dampak bencana gempa tersebut mungkin akan memakan waktu yang lama.

 

Pewarta: Nasihin
Editor Agung Gumelar

Terkait

terpopuler

rekomendasi

topik

×