Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Nasional

Pertegas Islam Nusantara, Tahun Ini di UNINUS Bandung Ada Mata Kuliah Aswaja An-Nahdliyah

Pintu gerbang UNINUS (Foto: NU Online Jabar)

Bandung, NU Online Jabar 
Rektor Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Engkus Kuswarno mengatakan saat ini UNINUS memberlakukan pengayaan kurikulum dengan muatan mata kuliah Ahlussunah wal Jamaah an-nahdliyah. 

“Identitas kurikulum memperkaya pembekalan mahasiswa melalui materi Aswaja an-nahdliyah yang sudah dirintis sejak tahun lalu,” katanya pada pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang berlangsung secara daring, Senin (6/9). 

Pada tahun akademik tahun ini, lanjutnya, materi Aswaja an-nahdliyah sudah terintegrasi di dalam kurikulum dalam semua program studi sebagai ciri institusi Universitas Islam Nusantara. 

Sementara Ketua Aswaja Center UNINUS Rano Syarif Wihardja menjelaskan materi Aswaja an-nahdliyah adalah untuk mempertegas UNINUS sebagai kampus Islam Nusantara. Untuk tujuan itu, setiap program studi harus ada mata kuliah tersebut.

"Untuk jenjang S1 terhitung 3 SKS, sementara S2 dan S3 ada 0 SKS," katanya. 

Menurut dia, materi Aswaja an-nahdliyah merupakan pengganti mata kuliah Al-Islam yang selama ini diterima mahasiswa. Perubahan tersebut untuk menegaskan bahwa UNINUS adalah kampus yang berhaluan Ahlussunah wal Jamaah an-nahdliyah.  

Ia menambahkan, dosen-dosen yang akan pengampu materi Ahlussunah wal Jamaah an-nahdliyah adalah dosen UNINUS yang sudah mendapat penguatan di Madrasah Aswaja dari Aswaja Center UNINUS. 

“Dan itu akan dilakukan evaluasi setiap 3 bulan,” katanya.

Selain itu, sambungnya, para mahasiswa juga wajib mengikuti Madrasah Aswaja yang dilakukan Aswaja Center UNINUS.

Pewarta: Abdullah Alawi   
 

Editor: Abdullah Alawi

Artikel Terkait