• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 27 Mei 2024

Nasional

Sambut Indonesia Emas 2045, IPNU-IPPNU Rumuskan Hari Pelajar Nasional

Sambut Indonesia Emas 2045, IPNU-IPPNU Rumuskan Hari Pelajar Nasional
Acara Buka Puasa Bersama yang digelar IPNU dan IPPNU di lantai 5 Kantor PBNU, Jakarta, Rabu (27/3/2024).
Acara Buka Puasa Bersama yang digelar IPNU dan IPPNU di lantai 5 Kantor PBNU, Jakarta, Rabu (27/3/2024).

Bandung, NU Online Jabar
Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) telah mengadakan pertemuan untuk merumuskan dan membahas pembentukan Hari Pelajar Nasional dalam rangka persiapan menyambut Indonesia Emas 2045.
 

Perumusan ini berlangsung di Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Jakarta Pusat, pada Rabu (27/3/2024). Kegiatan ini menjadi momentum silaturahim antara Pelajar NU dan organisasi perkumpulan pelajar lainnya (Poros Pelajar), serta menjadi kesempatan untuk berbuka puasa bersama dengan Komunitas Perkumpulan Pelajar atau Poros Pelajar.
 

Anggota Poros Pelajar yang turut hadir antara lain Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Ikatan Pelajar Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (IPNWDI), Ikatan Pelajar Al-Washliyah (IPA), Ikatan Pelajar Persis Putri (IPPI), Ikatan Pelajar Persis (IPP), Serikat Pelajar Muslimin Indonesia (SEPMI), Ikatan Pelajar Mathla’ul Anwar (IPMA), dan Pengurus Besar Pelajar Islam Indonesia (PB PII).


Ketua Umum PP IPNU M Agil Nuruzzaman menyampaikan bahwa gagasan pembentukan Hari Pelajar Nasional yang fokus pada isu pendidikan, spiritualitas, emosional, dan nasionalisme.


“Saya sepakat menyuarakan Hari Pelajar, entah nanti akan digabung dengan Hari Pendidikan atau dibuat khusus Hari Pelajar,” kata Agil, sapaan akrabnya, seperti dikutip dari NU Online, pada Sabtu (30/3/2024). 


Sementara itu, Ketua Umum PP IPNU Whasfi Velasufah menekankan pentingnya Poros Pelajar memiliki perhatian khusus pada isu perempuan. 


"Concern di program-programnya khususnya perempuan, tidak hanya physically (secara fisik) namun juga secara mental," usul Vela.


“Kita adalah representasi dari pelajar-pelajar di seluruh Indonesia. Tujuan dari negara ini adalah mencerdaskan kehidupan bangsa sehingga kolaborasi merupakan hal yang wajib,” ujar Afri. 


Ketum Ikatan Pelajar Persis Putri (IPP) Zihan Siti Nurhaliza mengatakan, dua poin penting yang bisa ditindaklanjuti usai pertemuan adalah melakukan pembinaan dan pendistribusian pelajar. 


"Generasi muda banyak yang melakukan self harm (menyakiti diri sendiri), sehingga harus adanya pembinaan dan memikirkan cara agar generasi muda siap untuk didistribusikan menyambut 2045," jelasnya.


Sebagai informasi, Poros Pelajar dibentuk untuk memberikan rekomendasi tentang isu nasional. Poros Pelajar juga merupakan wadah diskusi dan wadah silaturahim antarpelajar yang telah lama terbentuk di tingkat nasional dan berbagai daerah. Salah satu bentuk aksi nyata melakukan kampanye untuk membebaskan pelajar dari asap rokok. 
 


Nasional Terbaru