• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 28 Mei 2024

Nasional

HAJI 2024

Petugas Haji 2024: Komitmen Kenakan Seragam Selama Tugas hingga Siap Kerja 24 Jam

Petugas Haji 2024: Komitmen Kenakan Seragam Selama Tugas hingga Siap Kerja 24 Jam
Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada 890 Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Rabu (20/3/2024) di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. (Foto: Kemenag)
Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada 890 Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Rabu (20/3/2024) di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. (Foto: Kemenag)

Bandung, NU Online Jabar
Para petugas Haji 2024 diminta untuk berkomitmen dalam menjalankan tugas mereka dengan siap siaga selama 24 jam dan senantiasa mengenakan seragam, baik di Masjidil Haram maupun di Masjid Nabawi. Hal ini merupakan manifestasi nyata dari komitmen dan dedikasi petugas dalam melaksanakan tugas mereka dengan penuh tanggung jawab.


Direktur Bina Haji Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kementerian Agama RI, Arsad Hidayat, menegaskan bahwa petugas haji memiliki peran sentral dalam menangani berbagai permasalahan yang mungkin timbul di tengah jamaah. Tindakan ini tidak hanya menunjukkan eksistensi petugas, tetapi juga memberikan rasa aman dan dukungan kepada jamaah selama mereka berada di tanah suci.


"Seragam adalah jati diri petugas haji. Sebagai pembentuk perilaku dan sikap ketika berhadapan dengan jamaah. Seragam juga akan memudahkan jamaah meminta bantuan terutama yang tersesat," ungkapnya seperti dikutip dari laman kemenag.co.id, Kamis (21/3/2024).  


Bukan hanya menggunakan seragam petugas, Arsad juga meminta petugas haji memegang beberapa komitmen melaksanakan tugas selama berada di tanah suci. Petugas haji diminta berkomitmen setiap hari mengikuti apel pagi untuk memastikan bahwa mereka siap melayani jamaah haji. 


"Dengan adanya kewajiban apel pagi, tidak ada lagi petugas yang tidur sehingga bisa melayani jamaah dengan baik," tegasnya, dikutip dari laman Kemenag.  


Komitmen selanjutnya, petugas haji siap untuk tidak melaksanakan ibadah haji kecuali yang belum berhaji.


"Yang lebih penting dari itu adalah petugas siap bekerja 24 jam. Petugas bisa istirahat ketika tidak ada lagi pekerjaan, tetapi ketika ada permintaan atau telepon petugas harus siap," tegasnya.


Kemudia selama bertugas, petugas haji juga harus siap untuk tidak membawa keluarga atau muhrim.  "Ketika memahrami keluarga, tugas melayani jamaah otomatis akan terganggu sehingga jamaah tidak terlayani dengan baik," katanya mengingatkan. 


"Untuk itu, saya juga minta komitmen petugas untuk menjalankan seluruh tugas dan kewajiban yang ada dalam pakta integritas. Komitmen ini harus dijaga dan dijalankan dengan baik," tambahnya.


​​​​​​​Arsad juga mengingatkan petugas harus mengikuti Bimtek dengan baik, serta mengikuti seluruh materi dan sesi sehingga setelah Bimtek, dapat memahami tugas dan fungsi masing-masing. 


"Saya minta kepada petugas, baik yang melalui proses seleksi atau penunjukan, tolong jaga amanah ini dengan sebaik-baiknya. Ketika masuk dalam korps petugas, siapkan diri menjadi pelayan tamu-tamu Allah," tandasnya.
 


Nasional Terbaru