• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Sabtu, 13 April 2024

Nasional

Muktamar Lampung

Banser Jabar Bantu Pengamanan Kelancaran Muktamar NU di Lampung

Banser Jabar Bantu Pengamanan Kelancaran Muktamar NU di Lampung
Banser Jabar/NU Online Jabar
Banser Jabar/NU Online Jabar

Lampung, NU Online Jabar
Satuan Koordinasi Wilayah (Satkorwil) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Jawa Barat ikut menjadi garda terdepan pengamanan kelancaran Muktamar Nahdlatul Ulama yang ke-34 di Lampung selama dua hari, dimulai dari Rabu-Kamis (22-23/12).
 

Komandan Satkorwil Banser Jabar Yudi Nurcahyadi mengatakan sebanyak 100 orang perwakilan dari Jawa Barat yang ikut mengamankan acara Muktamar NU di Lampung.
 

“Terkait dari pengamanan acara muktamar kami dari jajaran Banser Jawa Barat diminta untuk membantu pengamanan pada acara Muktamar di Lampung sebanyak 100 orang dan mereka sudah bergabung dari hari Minggu,” katanya.
 

Sesuai dengan arahan dari Satuan Koordinasi Nasional (Satkornas), sambungnya, tugas Banser Jabar yakni Barisan Ansor Serbaguna Husada (Basada), Satuan Khusus Banser Lalu Lintas (Balantas), Corp Provost Banser (CPB), dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser Protokoler).
 

“Yang saya ketahui sahabat-sahabat dari Jawa Barat ada yang bertugas sebagai Basada, Banser lalu lintas, Provost, dan juga Protokoler,” ucapnya.
 

Lanjutnya, Yudi merasa bersyukur dapat berpartisipasi dalam rangka pengamanan Muktamar, dan ia berharap semoga mendapat keberkahan dan kelancaran dalam menjalankan tugasnya.
 

“Kita dari Jawa Barat alhamdulillah dapat berpartisipasi dalam rangka pengamanan Muktamar NU ke-34 di Lampung Tengah. Menuju satu abad NU, ini mudah-mudahan mendapatkan keberkahan, dan dalam menjalankan tugas diberi Kesehatan, kelancaran sehingga Muktamar dapat berjalan sesuai dengan agenda-agenda yang telah di rencanakan,” pungkasnya.
 

Perlu diketahui klasifikasi tugas Banser dari Jawa Barat tersebut yaitu:
 

Barisan Ansor Serbaguna Husada (Basada) adalah satuan khusus Banser yang mengemban tugas bantuan kemanusiaan di bidang kedokteran, kesehatan, dan norma hidup sehat bagi masyarakat khususnya di lingkungan Nahdlatul Ulama, GP Ansor dan masyarakat.
 

Banser Lalu Lintas (Balantas) Satuan ini berfungsi dalam penanganan peristiwa lalu lintas dan transportasi jalan, serta pengurangan risiko kecelakaan, guna terwujudnya kelancaran dan ketertiban berlalu lintas.
 

Corp Provost Banser (CPB) berfungsi menegakkan marwah, etika dan disiplin organisasi di internal kesatuan Banser, dan berupaya menertibkan dan mendisiplinkan jajaran Banser, demi terciptanya pasukan Banser yang semakin baik, taat aturan, dan profesional. Corp Provost Banser inilah yang mengawasi dan menertibkan semua kegiatan Banser di semua lini.
 

Barisan Ansor Serbaguna (Banser Protokoler) Satuan ini berfungsi mengatur, menata, dan mengelola acara kenegaraan, organisasi atau acara resmi sesuai dengan perencanaan kegiatan. Dengan tugas merencanakan, mempersiapkan, mengkoordinasikan dan melaksanakan keprotokolan di GP Ansor dan Banser.
 

Pewarta: Muhammad Rizqy Fauzi
Editor: Abdul Manap


Editor:

Nasional Terbaru