Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Presiden Anugerahi 5 Tokoh Bangsa Sebagai Pahlawan Nasional, Salah Satunya Ulama Asal Sukabumi

Presiden Anugerahi 5 Tokoh Bangsa Sebagai Pahlawan Nasional, Salah Satunya Ulama Asal Sukabumi
Presiden Anugerahi 5 Tokoh Bangsa Sebagai Pahlawan Nasional, Salah Satunya Ulama Asal Sukabumi
Presiden Anugerahi 5 Tokoh Bangsa Sebagai Pahlawan Nasional, Salah Satunya Ulama Asal Sukabumi

Bandung, NU Online Jabar
Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menganugerahi gelar pahlawan nasional kepada lima tokoh putera pejuang dan pengisi kemerdekaan republik Indonesia. Salah satu dari kelima tokoh tersebut yaitu ulama asal Sukabumi Jawa Barat, KH Ahmad Sanusi.

 

Presiden memberikan penghargaan anugerah gelar pahlawan nasional itu kepada ahli waris yang mewakili di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (7/11/2022). Gelar Pahlawan Nasional dianugerahkan berdasarkan Keputusan Presiden nomor 96/TK/2022, setelah sebelumnya Presiden Joko Widodo menyetujui usulan Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan yang diketuai oleh Menkopolhukam, Mahfud MD.

 

“Menjelang Hari Pahlawan 2022, pemerintah menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada lima orang tokoh bangsa dari berbagai daerah yang telah berjasa bagi bangsa dan negara,” tulis Jokowi melalui akun media sosialnya pada Senin (7/11/2022).


Adapun lima tokoh tersebut adalah sebagai berikut: 

  1. Almarhum Dr dr H R Soeharto dari Jawa Tengah, 
  2. Almarhum KGPAA Paku Alam VIII dari DI Yogyakarta,
  3. Almarhum dr Raden Rubini Natawisastra dari Kalimantan Barat, 
  4. Almarhum H Salahuddin bin Talibuddin dari Maluku Utara, dan 
  5. Almarhum KH Ahmad Sanusi dari Jawa Barat. 
 

“Gelar pahlawan nasional kepada tokoh-tokoh yang telah memberikan kontribusi besar kepada bangsa dan negara,” ujar Presiden dalam keterangan terpisah sebagaimana dilansir dari situs web Sekretariat Presiden. 


Profil 5 pahlawan nasional 
Almarhum dr H R Soeharto telah berjuang bersama Presiden Soekarno dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Ia ikut serta dalam pembangunan sejumlah infrastruktur. Ia juga dikenal sebagai salah seorang pendiri Ikatan Dokter Indonesia (IDI).


Sementara itu, Almarhum KGPAA Paku Alam VIII berjasa antara lain bersama Sri Sultan Hamengkubowono IX dari Keraton Yogyakarta mengintegrasikan diri pada awal kemerdekaan, sehingga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menjadi utuh hingga saat ini.


Jokowi menyebut sosok almarhum dr Raden Rubini Natawisastra sebagai tokoh yang berjasa dalam menjalankan misi kemanusiaan sebagai dokter keliling pada saat kemerdekaan. Ia sampai-sampai bersama istrinya dijatuhi hukuman mati oleh Jepang karena perjuangannya yang gigih untuk kemerdekaan RI. 

 

Adapun almarhum H Salahuddin bin Talibuddin adalah tokoh yang berjuang dan ikut membangun Indonesia berdasarkan Pancasila selama 32 tahun. 

 

Terakhir, almarhum KH Ahmad Sanusi merupakan salah satu anggota Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), juga salah satu tokoh Islam yang memperjuangkan dasar negara yang menghasilkan kompromi lahirnya negara Pancasila.


Editor: Abdul Manap

terpopuler

rekomendasi

topik

×