Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Bupati Cirebon: Pesantren Punya Peran Penting di Era Globalisasi

Bupati Cirebon: Pesantren Punya Peran Penting di Era Globalisasi
Bupati Kabupaten Cirebon, H Imron Rosyadi. (Tangkapan layar YouTube Khas Kempek).
Bupati Kabupaten Cirebon, H Imron Rosyadi. (Tangkapan layar YouTube Khas Kempek).

Bandung, NU Online Jabar
Bupati Kabupaten Cirebon H Imron Rosyadi menyebut bahwa pondok pesantren berperan penting di era globalisasi saat ini khususnya dalam pembinaan akhlak dan keilmuan keagamaan. 

 

Imron mengatakan, ilmu keagamaan dan akhlak yang diajarkan di pesantren serta bimbingan yang diberikan kepada masyarakat dapat membentengi dari adanya dampak negatif era globalisasi. 

 

Menurutnya, di era keterbukaan informasi seperti sekarang nilai-nilai keagamaan serta bimbingan rohani diperlukan dan itu merupakan tugas daripada pondok pesantren. 


“Saya sangat bersyukur di Kabupaten Cirebon ini banyak sekali pondok pesantren, ini artinya bahwa pondok pesantren memberikan bimbingan kepada masyarakat baik keilmuan, akhlak, dan agamanya,” ujar Imron saat memberikan sambutan pada acara Haul Sesepuh Pondok Pesantren Khas Kempek ke-33, dikutip NU Online Jabar, Senin (12/9/22). 


Di sisi lain, lanjutnya, era globalisasi juga memberikan peluang kepada siapapun termasuk para santri untuk mampu bersaing unjuk kemampuan dan kebolehan yang dimiliki. 


“Tetapi juga perlu diingat bahwa di era globalisasi persaingan sangat terbuka sekali, orang di zaman sekarang itu tidak melihat lulusan sekolah mana atau pesantren mana, tapi kalau orang tersebut mampu bersaing maka orang itu akan sukses,” katanya. 


“Sekarang ini ada orang hidup di kampung tapi karena dia jago IT, dia bisa sukses menjalankan usahanya,” tuturnya. 

 

Dia juga berpesan kepada para santri untuk sungguh-sungguh dalam menimba ilmu di pondok pesantren agar kelak ilmu tersebut bisa diamalkan ketika sudah bermasyarakat nanti. 


Dalam kesempatan itu, ia juga meminta bimbingan dan arahan serta doa dari para kiai yang hadir agar program-program Kabupaten Cirebon bisa terlaksana dengan baik. 

 

Pewarta: Agung Gumelar

Kota Bandung Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×