• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 15 April 2024

Doa

Jaga Keamanan Negeri, Ini Doa Cinta Tanah Air Nabi Ibrahim As

Jaga Keamanan Negeri, Ini Doa Cinta Tanah Air Nabi Ibrahim As
Jaga Keamanan Negeri, Ini Doa Cinta Tanah Air Nabi Ibrahim (Foto: NU Online)
Jaga Keamanan Negeri, Ini Doa Cinta Tanah Air Nabi Ibrahim (Foto: NU Online)

Indonesia dijajah oleh Belanda selama 350 tahun. Belanda merupakan negara yang paling lama menjajah negeri ini. Negara-negara lain yang juga pernah menjajah Indonesia diantaranya Portugis, Spanyol, Prancis, Inggris dan Jepang


77 tahun Indonesia saat ini merdeka, demi keamanan negara mari kita belajar kepada Nabi Ibrahim As. Nabi Ibrahim mengajarkan kepada kita untuk mencintai negeri sendiri. Dengan menciptakan keamanan dalam negara maka itu akan mendatangkan ketenangan bagi semua penghuninya. Salah satu doa Nabi Ibrahim As mengenai ini yang diabadikan dalam Al-Qur’an dalam Surat al-Baqarah ayat 126 adalah:


رَبِّ اجْعَلْ هَٰذَا بَلَدًا آمِنًا وَارْزُقْ أَهْلَهُ مِنَ الثَّمَرَاتِ مَنْ آمَنَ مِنْهُمْ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ 

 

Rabbij’al hâdzâ baladan âminan warzuq ahlahû minats tsamarâti man âmana minhum billâhi wal yaumil âkhir 

 

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezeki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman di antara mereka kepada Allah dan hari kemudian.” (QS. Al-Baqarah [2]: 126)

 

Dalam sejarahnya, Nabi Ibrahim pernah beberapa kali pindah tempat tinggal. Mulai dari Babilonia pindah ke Suriah, pindah lagi ke Palestina. Lalu, Nabi Ibrahim As pindah ke Makkah. Di sana, Nabi Ibrahim As merasakan kebahagiaan dan mendapatkan berbagai nikmat yang tidak didapatkan di tempat lainnya. Tidak heran, jika Nabi Ibrahim sangat mencintai Makkah.  

 

Rasa cinta itu beliau buktikan dengan selalu berdoa untuk Makkah. Ia memohon agar negerinya menjadi negeri yang aman, penduduknya hidup makmur, dan dipenuhi oleh orang-orang yang beriman. Makanya, Makkah sering disebut dengan tanah/wilayah haram. Yakni wilayah yang dimuliakan Allah dan diharamkan segala macam bentuk kerusakan.  

 

Hikmah kisah di atas, mendorong kita mencintai negeri kelahiran dengan sepenuh jiwa dan raga. Rasa cinta tanah air itu harus dipupuk sejak dini. Agar setiap generasi merasa cinta terhadap tanah airnya sendiri. Berdoa untuk tanah air itu juga sebagai bentuk cinta tanah air. Doa itu mudah dilakukan tapi mendatangkan keberkahan untuk banyak orang.


Editor: Abdul Manap
Sumber: NU Online


Doa Terbaru