Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Doa Masuk dan Keluar Rumah Lengkap dengan Keutamaannya 

Doa Masuk dan Keluar Rumah Lengkap dengan Keutamaannya 
Doa Masuk dan Keluar Rumah Lengkap dengan Keutamaannya. (Foto: istimewa)
Doa Masuk dan Keluar Rumah Lengkap dengan Keutamaannya. (Foto: istimewa)

Bandung, NU Online Jabar 

Ketika hendak bepergian atau keluar rumah biasakanlah untuk selalu berdoa. Islam telah mengatur cara kehidupan umatnya dengan sedemikian rupa, termasuk mengajarkan kita untuk selalu mengingat Allah Swt dalam setiap aktivitas yang hendak kita lakukan seperti membaca doa keluar dan masuk rumah. 

 

Membaca doa ketika hendak keluar rumah ini bertujuan untuk memohon pertolongan kepada Allah Swt agar dilindungi dari mara bahaya dan segala bentuk kejadian yang dapat merugikan diri kita sendiri ketika sedang melakukan aktivitas di luar rumah. 

 

Selain itu, membaca doa ketika hendak keluar rumah juga sekaligus memohon kepada Allah Swt agar aktivitas yang hendak dilakukan di luar rumah ini seperti bekerja, berangkat sekolah, berjualan ke pasar, dan lain sebagainya diberikan kemudahan dan kelancaran serta memohon agar kegiatan yang dilakukan mendapat ridho-Nya dan bernilai pahala.

 

Doa keluar rumah

 

بِاسْمِ اللّٰهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللّٰهِ وَ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللّٰهِ

 

Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa haula wa laa quwwata illaa billahi

 

Artinya: Dengan menyebut nama Alllah, aku bertawakkal kepada-Nya dan tidak daya dan kekuatan kecuali dengan Allah. 

 

Doa masuk rumah 

 

اللّٰهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ المَوْلِجِ وَ خَيْرَ المَخْرَجِ, بِاسْمِ اللّٰهِ وَ لَجْنَا، بِاسْمِ اللّٰهِ خَرَجْنَا، وَ عَلَى اللّٰهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

 

Allahumma innii as-aluka khairal mauliji, bismillahi wa lajnaa, wa bismillahi kharajnaa, wa ‘alallahi rabbanaa tawakkalnaa

 

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan kebaikan tempat keluar, dengan menyebut nama-Mu kami masuk, dengan menyebut nama-Mu kami keluar, dan hanya kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakkal.

 

Keutamaan membaca doa keluar dan masuk rumah 

 

Dikutip NU Online Jatim, Imam Abi Zakariya Muhyiddin Yahya an-Nawawi dalam kitabnya al-Adzkar an-Nawawi menerangkan bahwa dalam sebah hadits yang diriwayatkan dari Abu Dawud, at-Tirmidzi, Nasa’i dan yang lainnya, bahwasanya Rasulullah Saw berpesan:

 

من قال- يعني اذا خرج من بيته- بِاسْمِ اللّٰهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللّٰهِ وَ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللّٰهِ، يقال له: كفيت و وقيت و هديت و تنحّى عنه الشيطان

 

Artinya: Barangsiapa yang membaca —yaitu ketika keluar dari rumahnya—‘bismillahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa haula wa laa quwwata illa billah, Dikatakan kepadanya: Kamu akan dicukupkan, dikuatkan, dan diberi petunjuk dan setan jauh darinya.

 

Syeikh Muhyiddin Dib menjelaskan terkait faedah membaca doa tersebut. Menurutnya, makna kufiita: seseorang akan dicukupkan dari semua urusan dunia dan akhirat, wuqiita: dijaga dari kejahatan musuh, hudiita: diberikan rizki berupa hidayah yang terus mengalir kepadanya. (Muhyiddin Dib, Lawami’ al-Anwar Syarh Kitab al-Adzkar, Bairut, Dar Ibn Kathir, 2014), Juz 1, halaman: 74).

 

Sementara itu, saat hendak memasuki rumah kita disarankan untuk mengucap salam dan berdoa. Hal sebagaimana firman Allah Swt dalam Al-Quran surat an-Nur ayat 61:


فَاِ ذَا دَخَلْتُمْ بُيُوْتًا فَسَلِّمُوْا عَلٰۤى اَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِّنْ عِنْدِ اللّٰهِ مُبٰرَكَةً طَيِّبَ

 

Artinya: Apabila memasuki rumah-rumah, hendaklah kamu memberi salam (kepada penghuninya, yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, dengan salam yang penuh berkah dan baik dari sisi Allah.

 

Mengucapkan salam ketika hendak masuk rumah adalah karena semata-mata kita mengharapkan berkah dan kebaikan serta semoga selalu diberi ketentraman bagi para penghuninya. 

 

Demikian bacaan doa keluar dan masuk rumah sebagaimana yang diajarkan Rasulullah Saw. 

 

Pewarta: Agung Gumelar

Doa Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×