Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Wakil Bupati Kuningan Siap Bantu Perkuat Media Komunikasi PCNU

Wakil Bupati Kuningan Siap Bantu Perkuat Media Komunikasi PCNU
Wakil Bupati Kuningan M Ridho Suganda saat memberikan tanggapan dalam MKNU Angkatan Kedua (Foto: NU Online Jabar/Iip Yahya)
Wakil Bupati Kuningan M Ridho Suganda saat memberikan tanggapan dalam MKNU Angkatan Kedua (Foto: NU Online Jabar/Iip Yahya)

Kuningan, NU Online Jabar 
Wakil Bupati Kuningan Muhammad Ridho Suganda, siap membantu penguatan Media Komunikasi PCNU Kuningan. Kesanggupan tersebut disampaikannya dalam Madrasah Kader Nahdlatu Ulama (MKNU) Angkatan Kedua di Gedung IPHI, Rabu (20/10). 

Ridho yang juga menjadi salah satu peserta MKNU merasa tertantang dengan materi penguatan media yang disampaikan oleh Direktur Media Center PWNU Jabar Iip D Yahya.

“Saya sepakat bahwa untuk peningkatan layanan PCNU kepada masyarakat, media komunikasi PCNU Kuningan harus diperkuat oleh tenaga muda,” ujar Ridho. “Sudah saatnya anak-anak muda ini diberi kesempatan untuk berkiprah,” lanjutnya.

Ridho secara terbuka memberikan “tantangan” kepada PCNU agar segera menyusun konsep Media Komunikasi dimaksud. 

“Mumpung saya masih diberi kepercayaan di Kuningan, insyaallah saya siap membantu mewujudkannya,” tegas Ridho.

Sebelumnya dalam konsep penguatan media komunikasi, Iip Yahya memaparkan potensi besar Nahdliyin Kuningan. Menurutnya, dari kesejarahan pesantren, Kuningan pernah menjadi sentral bagi lahirnya para ulama yang menyebar ke seluruh Jawa Barat.

“Hampir semua ulama besar di Jawa Barat, sanadnya tersambung kepada Kiai Sobari Ciwedus, Timbang,” jelasnya. “Beliau adalah santri Syaikhona Cholil Bangkalan. Maka dari jalur Ciwedus ini, sanad keilmuan para ulama Sunda itu tersambung dengan sanad para pendiri NU,” sambungnya.

Iip juga menekankan pentingnya posisi Kuningan yang berbatasan dengan Cirebon. Warga Kuningan termasuk yang mengalami proses islamisasi yang pertama. Menurutnya, aspek kesejarahan ini menjadi modal kuat bagi pengembangan media komunikasi PCNU Kuningan. 

“Sekarang tinggal menyusun satu tim yang solid dan melibatkan anak-anak muda potensial.”

Keterlibatan kaum muda ini menurut Iip sangat penting karena dunia digital adalah dunia mereka. 

“Tentu saja keterlibatan mereka lebih pada aspek teknis, sementara untuk konten tetap menjadi tanggung jawab para kiai dan ajengan di PCNU Kuningan,” pungkasnya.

Editor: Abdullah Alawi 
 

Daerah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×