Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

MWCNU Bogbar Apresiasi Kegiatan Metode Baca Kitab Al-Miftah Lil Ulum Sidogiri di Majelis Shalawat Mansub

MWCNU Bogbar Apresiasi Kegiatan Metode Baca Kitab Al-Miftah Lil Ulum Sidogiri di Majelis Shalawat Mansub
MWCNU Bogbar Apresiasi Kegiatan Metode Baca Kitab Al-Miftah Lil Ulum Sidogiri di Majelis Shalawat Mansub. (Foto: Abdul Mun'im Hasan).
MWCNU Bogbar Apresiasi Kegiatan Metode Baca Kitab Al-Miftah Lil Ulum Sidogiri di Majelis Shalawat Mansub. (Foto: Abdul Mun'im Hasan).

Bogor, NU Online Jabar
Majelis Shalawat Mansub mengadakan ngaji pasaran Ramadhan 'Metode Baca Kitab Metode Al-Miftah Sidogiri' yang dimulai pada tanggal 02-22 Ramadhan 1443 H. Kegiatan ini menjadi agenda tahunan yang di support oleh Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Bogor Barat Kota Bogor. 


KH Musthofa Rosidi selaku pimpinan Majelis merupakan alumni Pesantren Sidogiri Pasuruan Jawa Timur menjelaskan, ilmu alat menjadi hal yang penting untuk diajarkan sejak dini. Menurunya, ilmu ini adalah kunci untuk dapat membaca kutubut turots. 


"Jika sejak dini anak-anak sudah diajarkan ilmu alat, terutama nahwu dan shorof maka kedepanya akan memudahkan mereka untuk membaca, memahami, hingga menguasai warisan ilmu keislaman (kutubut turots) yang para ulama kita telah membuktikan kepada kita dari karya-karyanya. Sehingga Nusantara ini dikenal oleh dunia dengan Islam Nusantara, karena banyaknya ulama yang memumpuni dalam khazanah keislaman," tuturnya yang juga selaku Katib Syuriah MWCNU Bogor Barat.


Dalam kesempatan yang sama, Ketua Tanfidziyah MWCNU Bogor Barat Kang Dedy Yusuf mengapresiasi kegiatan ini. Ia menilai, keberuntungan bagi santri di Ramadhan yang penuh berkah dan kemuliaan dapat mendalami ilmu, mengaji metode baca kitab Al-Miftah Lil Ulum Sidogiri. 


"Harus dimanfaatkan dengan serius bagi para santri untuk menguasai metode baca Kitab ini, sungguh kemanfaatannya akan terasa sekali saat kalian nantinya belajar di Pesantren, ilmu ini akan menjadi kunci untuk membuka kutubut turots Ulama Nusantara kita," tegasnya yang juga menjadi Sekretaris Ikatan Pengusaha Nahdlatul Ulama Kota Bogor. 


Tambahnya, bahwa kegiatan ini kita support sehingga menjadi agenda tahunan MWCNU Bogbar yang dilaksanakan sepenuhnya di Majelis Shalawat Mansub. 


Kegiatan Ngaji Pasaran Ramadhan, menghadirkan Ustadz Abdurohim yang biasa di sapa Ustadz Abduh ini merupakan alumni Pesantren Sidogiri yang akan mengajarkan metode baca kitab Al-Miftah Lil Ulum kepada para santri putra dan putri di Majelis Shalawat Mansub. 


Sekilas metode baca kitab Al-Miftah Lil Ulum, Kitab yang berisikan kiat dan cara membaca kitab, berisi rangkuman padat dari kitab terkemuka, seperti Jurumiyah, Imrithi dan Alfiyah. Sehingga tetap menjaga keorisinilan istilah-istilah dari kitab nahwu klasik, dan materi yang dikutip yaitu kaidah nahwu sharaf sebagai penunjang keterampilan membaca kitab. 


Metode baca Kitab ini merupakan karya Ustadz Ahmad Qusyairi Ismail diterbitkan oleh Badan Tarbiyah wa Taklim Madrasi Pondok Pesantren Sidogiri (BATATARMA). 


"Kitab ini mudah dipahami karena dikemas menggunakan  Bahasa Indonesia dan metode pembelajarannya yang menyenangkan, serta bersahabat bagi para peserta didik dikarenakan mengusung lagu atau nada Shawatan anak-anak dan mengubahnya menjadi nadzhom yang menarik," pungkas Ustadz Abduh 


Sebagai informasi, Majelis Shalawat Mansub beralamat di Jl. Jabaru III, RT.02/RW.10, Pasirkuda, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat. 


Pewarta : Abdul Mun'im Hasan
​​​​​​​Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

Daerah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×