• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Minggu, 23 Juni 2024

Daerah

Luncurkan Website Resmi, Ketua PMII Cirebon: Modal Awal Hadapi Tantangan Zaman

Luncurkan Website Resmi, Ketua PMII Cirebon: Modal Awal Hadapi Tantangan Zaman
Peluncuran Website secara simbolik dengan pemotongan pita oleh Ketua PMII Cirebon, Alisa Riska Maulidiya. (Foto: Sofhal Adnan).
Peluncuran Website secara simbolik dengan pemotongan pita oleh Ketua PMII Cirebon, Alisa Riska Maulidiya. (Foto: Sofhal Adnan).

Cirebon, NU Jabar Online
Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cirebon resmi meluncurkan website resmi yang diselenggarakan di kantor Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon, Senin (24/1). Peresmian tersebut sebagai bentuk komitmen memajukan organisasi melalui digitalisasi. 

 

Ketua Pelaksana, Fasfah Sofhal Jamil mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud dari visi misi Ketua PMII Cirebon yang mengedepankan digitalisasi.

 

“Selain itu, tujuannya adanya website ini sebgai wadah kreatifitas kader-kader PMII se-Cirebon,” katanya.

 

Menurutnya, Kader-kader PMII se-Cirebon kerap kali mengadakan diskusi, namun sering kali tidak dipublikasikan hasil diskusinya, sehingga dampaknya kurang terasa. “Maka dengan adanya website ini diharapkan syiar-syiar ke-PMII-an semakin luas di jagat maya,”. ucapnya.

 

Ketua PMII Cirebon, Alisa Riska Maulidiya menyampaikan, kegiatan ini sebagai ikhtiyar menuju trasnformasi digitalisasi. 

 

“Maka dari itu, apapun pola kaderisasinya kita harus berbasis digital, sesuai tema waktu pelantikan yakni eskalasi digitalisasi PMII, maka acara ini adalah modal awal Pengurus Cabang dalam melakukan dan menghadapi tantangan zaman,” ujarnya.

 

Ia mengimbau, kader PMII Cirebon harus melakukan diskusi atau aksi yang relevan dengan perkembangan zaman.

 

“Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat ini, yaitu mengubah mindset dan juga harus melakukan inovasi dalam pola kaderisasi,” tuturnya.

 

Karena jika tidak melakukan pola kaderisasi atau inovasi sesuai tantangan zaman, lanjut Alisa, maka kedepan sahabat PMII Cirebon akan tergerus zaman.

 

“Kemudian berikutnya harus matangkan mental, kita yakin kita adalah kaum perubahan,” imbuhnya.

 

Ia menjelaskan bahwa para peserta pada acara ini akan menjadi kontributor resmi PMII Cirebon.

 

“Saya harap dengan apa yang terima bisa diaplikasikan dan diturunkan pada setiap level kepengurusan,” ujar Alisa.

 

Ikhtiar PC PMII Cirebon yang berbasis digita harus diikuti oleh semuanya, karena menurutnya transformasi digitalisasi jika tidak dibantu maka tidak akan maksimal.

 

Sementara itu, Kepala DKIS Kota Cirebon, Ma’ruf Nuryasa mengatakan, kegiatan semacam ini selaras dengan program literasi masyarakat. 

 

“Kegiatan ini nyambung dengan kegiatan kegiatan kami, supaya kotanya smart, masyarakatnya juga smart,” katanya.

 

Makanya di tahun ini, Kata Ma’ruf, Kota Cirebon banyak melakukan kegiatan yang sifatnya literasi digital, oleh karenanya kami menyambut baik apa yang di lakukan oleh PMII Cirebon. 

 

“Kita tidak bisa menghindari masa depan perkembangan teknologi informasi, maka saya senang sekali PMII Cirebon sudah mengarah kesana,” imbuhnya.

 

Ia berpesan bahwa ada beberapa kemampuan yang harus dikuasai saat ini, yaitu kemampuan IT, Kemampuan komunikasi, dan Kemampuan bahasa asing khususnya bahasa Inggris, karena hal itu akan memudahkan kita di masa depan.

 

“Saya berharap tidak sampai di sini, kedepan saya harapkan bisa berkolaborasi lebih banyak,” tandasnya.

 

Perlu diketahui, kegiatan peluncuran website resmi tersebut mengusung tema Menuju Progresifitas Digitalisasi PMII Cirebon.

 

Pewarta: Sofhal Adnan
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi


Daerah Terbaru