• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 4 Maret 2024

Cianjur

Warga Terdampak Gempa Bumi Cianjur Terima Bantuan Kambing Bergulir dari LAZISNU

Warga Terdampak Gempa Bumi Cianjur Terima Bantuan Kambing Bergulir dari LAZISNU
Direktur NU Care-LAZISNU Qohari Cholil (tengah) meninjau kandang kambing bantuan program ternak kambing bergulir (Foto: LAZISNU)
Direktur NU Care-LAZISNU Qohari Cholil (tengah) meninjau kandang kambing bantuan program ternak kambing bergulir (Foto: LAZISNU)

Bandung, NU Online Jabar
Warga Kabupaten Cianjur yang terkena dampak gempa bumi pada November 2022 lalu menerima bantuan program Ternak Kambing Bergulir dari Lembaga Amil Zakat, Infaq, Sedekah, Nahdlatul Ulama (NU Care-LAZISNU)


Sebanyak 20 ekor kambing disalurkan kepada para penerima. Mereka adalah para mustahiq dan peternak yang terdampak gempa bumi. Penyaluran hewan tersebut diadakan diadakan akhir September 2023.


Selain Cianjur, penyaluran bantuan program Ternak Kambing Bergulir ini juga disalurkan di Blora Jawa Tengah, dan Kabupaten Ponorogo di Jawa Timur. 


Melansir NU Online, Direktur Eksekutif NU Care-LAZISNU PBNU, Qohari Cholil berharap program tersebut dapat memulihkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat di Cianjur. 


"Bantuan ini dalam rangka memberdayakan peternak kambing di Cianjur. Dengan adaya program Ternak Kambing Bergulir ini semoga bisa meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat di sana yang telah terkena musibah gempa. Insyaallah dengan bantuan ini ekonominya bisa bangkit kembali," ucapnya, Kamis (4/10/2023).


Salah seorang perwakilan warga penerima program, Johar Taufik Ramdan mengungkapkan bantuan tersebut akan sangat membantu para peternak yang terdampak musibah gempa bumi di Cianjur beberapa waktu lalu.   


"Hewan ternak kambing ini akan kami salurkan kepada masyarakat yang kemarin terdampak gempa, sehingga ini bisa menjadi salah satu sarana
pemulihan ekonomi. Nanti akan disalurkan kepada 10 orang, dan masing-masing akan mendapatkan 2 ekor kambing," bebernya. 


"Semoga dengan bantuan ini membawa keberkahan dan manfaat bagi masyarakat,” ujar pria yang juga Wakil Ketua LPBI PCNU Cianjur itu.


Sementara itu, Manajer Pendistribusian dan Pendayagunan NU Care-LAZISNU PBNU Dewi Rochmawati menjelaskan, pada penyaluran program tersebut pihaknya menggandeng jaringan NU Care-LAZISNU atau lembaga NU di daerah.   


"Kami bersama NU Care-LAZISNU Ponorogo menyerahkan program ini untuk mustahiq yang ada di Desa Mrican, Kecamatan Jenangan, kemudian warga di Kecamatan Ngrayun dan Kecamatan Pudak," kata Dewi saat penyaluran untuk warga Blora yang berlangsung di Gedung PCNU Kabupaten Ponorogo, pada Kamis (28/9/2023). 


Pada hari tersebut, NU Care-LAZISNU PBNU bersama NU Care-LAZISNU Ponorogo menyerahkan 15 kambing kepada para mustahiq di wilayah Bumi Reog itu, dengan nominal bantuan Rp30 juta.


Ketua NU Care-LAZISNU Ponorogo, H Thohir Fauzi mengatakan bahwa pihaknya juga menambahkan bantuan 10 kambing untuk mustahiq. 


"Sehingga ada 25 kambing; tiga kambing di Desa Mrican Kecamatan Jenangan, 11 kambing di Kecamatan Pudak, dan 11 lagi di Kecamatan Ngrayun,” urainya.   


“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh muzakki di Ponorogo sehingga LAZISNU dapat menyerahkan tepat kepada yang berhak, dan sesuai dengan harapan LAZISNU PBNU yaitu menjadikan mustahiq menjadi muzaki,” ucapnya.
 


Cianjur Terbaru