Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Doa

Doa saat Hujan Reda

Doa saat Hujan Reda. (ILustrasi: MRF).

Mengawali bulan September, kita diberikan kenikmatan oleh Allah SWT dengan diturunkannya hujan. Dari berbagai referensi juga, kita telah mempelajari doa ketika hujan baru turun. Kita juga telah mempelajari lafal doa saat hujan sedang berlangsung. Namun, apakah tau doa setelah hujan reda?


Syekh Nawawi Al Bantani dalam kitab Nihayatuz Zain menuliskan lafal doa setelah hujan reda. Berikut lafal doa yang dapat dibaca setelah hujan reda.


مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللهِ وَرَحْمَتِهِ


Baca Juga:
Sejumlah Peristiwa Penting di Bulan Safar yang Harus Diketahui


Muthirnā bi fadhlillāhi wa rahmatih.


Artinya, “Kita dihujani dengan anugerah dan rahmat Allah.”


Selain itu, Syekh Nawawi juga menjelaskan terkait waktu dibacakannya doa diatas:


ويندب أن يقول عقب المطر مطرنا بفضل الله ورحمته


Baca Juga:
Haul Muassis dan Milad ke-52 Ponpes Al-Quran Al-Falah, Kakanwil Kemenag Jabar Sebut Ayah Syahid Pernah Beri Ijazah


Artinya, “(Seseorang) dianjurkan membaca doa ini setelah hujan reda, ‘Kita dihujani dengan anugerah dan rahmat Allah,’” (Lihat Syekh Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Bandung, Al-Maarif: tanpa catatan tahun], halaman 114).


Doa saat hujan reda ini mengandung pengakuan rasa syukur atas air hujan sebagai karunia dan rahmat dari Allah SWT. Dengan doa ini, kita memohon semoga Allah SWT memberikan keberkahan bagi manusia dan alam semesta setelah hujan reda. Wallahu a‘lam.  (Muhammad Rizqy Fauzi)

M. Rizqy Fauzi

Artikel Terkait