• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 15 April 2024

Sumedang

Peringati HPSN 2023, LPBI NU Jabar Lakukan Aksi Bersih-Bersih Sampah Bersama Masyarakat Mekarsari

Peringati HPSN 2023, LPBI NU Jabar Lakukan Aksi Bersih-Bersih Sampah Bersama Masyarakat Mekarsari
Peringati HPSN 2023, LPBI NU Jabar Lakukan Aksi Bersih-Bersih Sampah Bersama Masyarakat Mekarsari. (Foto: NU Online Jabar)
Peringati HPSN 2023, LPBI NU Jabar Lakukan Aksi Bersih-Bersih Sampah Bersama Masyarakat Mekarsari. (Foto: NU Online Jabar)

Sumedang, NU Online Jabar

Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Jawa Barat bekerja sama dengan Indonesia Indah Foundation (IIF) melakukan aksi bersih-bersih sampah, Ahad (19/2/2023).


Aksi bersih-bersih sampah tersebut dilakuan LPBI NU Jabar bersama dengan warga di Desa Mekarsari, Sukasari, Kabupaten Sumedang yang terdiri dari ibu-ibu pengajian dan pada pemuda setempat. Tercatat, ada sekitar 50 orang yang terlibat dalam kegiatan ini. 


Selain bersih bersih sampah, juga diadakan penyuluhan atau edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga lingkungan dan pengelolaan sampah dari sumbernya.


“Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat memiliki kesadaran dan tanggung jawab terhadap sampah BB Yang dihasilkannya sehingga tercipta Lingkungan yang bersih dan sehat,” kata ketua LPBI NU Jabar, Dadang Sudardja yang kerap di sapa Uwa Dadang ini kepada NU Online Jabar, Senin (20/2/2023). 


Lebih lanjut, Uwa Dadang menyampaikan bahwa lingkungan yang berish dan sehat akan menghasilkan sumber daya manusia yang sehat pula. 


“Kegiatan ini dari LPBI NU Jawa Barat dipimpin oleh Adrian Farhan Mubarok dari Divisi Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim,” ujarnya. 


Sebagai informasi, diperingatinya Hari Peduli Sampah Nasional dilatarbelakangi oleh peristiwa longsornya sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, pada 21 Februari 2005. Pada hari itu, sekitar pukul 02.00 WIB, terjadi ledakan keras diikuti dengan longsor sampah di TPA Leuwigajah.


Pewarta: Agung Gumelar


Sumedang Terbaru