• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 18 Juni 2024

Nasional

Duka Mendalam untuk Turki

Duka Mendalam untuk Turki
Gempa di Turki. (Foto: Al Jazeera)
Gempa di Turki. (Foto: Al Jazeera)

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. 


Kita turut berduka atas akibat terjadinya gempa besar dengan magnitudo 7,8 SR dan beberapa jam diikuti gempa susulan bermagnitudo 7,6 SR serta puluhan kali gempa susulan yang telah melanda beberapa wilayah di Turki Tenggara, terutama di Kota Gaziantep,  Diyarbakır, Malatya, Kahramanmaras, Kayseri, Iskenderun dan wilayah lain di sekitarnya serta Suriah bagian Utara. 


Gempa besar itu adalah bencana besar kemanusiaan yang mengakibatkan korban jiwa dalam jumlah ribuan, puluhan ribu luka-luka , kerusakan parah dan kerugian besar lainnya. Jumlah korban tersebut dipastikan terus bertambah. Gempa besar tersebut bermula pada hari Senin, 06 Februari 2023, pukul 01:17 GMT saat penduduk sedang tertidur pulas.


Sebelum terjadinya gempa tersebut, secara presisi telah diprediksi oleh Frank Hoogerbeets, seorang peneliti SSGEOS (Solar System Geometry Survey) di lini masa twitternya yang kemudian viral. Prediksinya itu sesuai dengan kenyataan, terutama karena analisisnya terkait lokasi gempa.


Kemungkinan proses penyelamatan para korban gempa terhambat mengingat di Turki saat Pebruari ini sedang musim salju dengan suhu dingin 0°-19° C. Proses penyelamatan harus terus berlangsung. Bantuan dari berbagai pihak untuk menyelamatkan para korban gempa itu pasti masih terus amat dibutuhkan, tak terkecuali dari rakyat Indonesia.


KH Ahmad Ishomuddin, Rais Syuriyah PBNU masa khidmah 2010-2015 dan 2015-2021


Editor:

Nasional Terbaru