• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 27 Mei 2024

Kota Bandung

84 CJH Asal Lengkong Ikuti Manasik Haji di Masjid PWNU Jabar

84 CJH Asal Lengkong Ikuti Manasik Haji di Masjid PWNU Jabar
pelatihan manasik haji Kantor Urusan Agama (KUA) Lengkong di Masjid Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat di Jalan Terusan Galunggung, Lingkar Selatan, Lengkong, Kota Bandung, Kamis (18/4/2024). (Foto: ist)
pelatihan manasik haji Kantor Urusan Agama (KUA) Lengkong di Masjid Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat di Jalan Terusan Galunggung, Lingkar Selatan, Lengkong, Kota Bandung, Kamis (18/4/2024). (Foto: ist)

Bandung, NU Online Jabar
Puluhan calon jamaah haji (CJH) asal Lengkong, Kota Bandung dikumpulkan di Masjid Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat di Jalan Terusan Galunggung, Lingkar Selatan, Lengkong, Kota Bandung, Kamis (18/4/2024) untuk mengikuti pelatihan manasik haji yang digelar Kantor Urusan Agama (KUA) Lengkong.


Ketua pelaksana pelatihan manasik haji KUA Lengkong, Umar Jaya Kusuma menyampaikan, pada tahun ini ada 84 CJH yang mengikuti pelatihan manasik haji sebagai persiapan sebelum diberangkatkan ke tanah suci Makkah.


Umar mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman calon jemaah haji tentang rukun dan wajib haji, serta mempersiapkan mereka secara mental, fisik, dan spiritual untuk melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan khusyuk.


Selain itu, pelatihan manasik haji ini juga merupakan salah satu bentuk komitmen KUA Kecamatan Lengkong untuk membantu para calon jamaah haji dalam mempersiapkan diri melaksanakan ibadah haji dengan sebaik-baiknya.


“Berdasarkan instruksi Kepala Kantor Kemenag Kota Bandung bahwa mulai hari ini seluruh KUA diharuskan mengadakan kegiatan bimbingan manasik haji bagi calon jamaah haji tahun 2024,” ujarnya. 


Pelatihan ini menghadirkan sejumlah narasumber berpengalaman dan pakar manasik haji untuk memberikan berbagai materi antara lain terkait hak dan kewajiban jamaah haji, kesehatan, praktik umroh, praktik haji dari mulai sa’i, thawaf, lempar jumroh, wukuf di Padang Arafah dan sebagainya.


Pelatihan manasik haji ini dimulai pukul 08.00-12.00 WIB setiap harinya dan akan berakhir pada Rabu, 24 April 2024. KUA Lengkong berharap dapat terus mengadakan pelatihan manasik haji di masa depan untuk membantu lebih banyak calon jemaah haji dalam mempersiapkan diri untuk melaksanakan ibadah haji dengan sebaik-baiknya.


“Mudah-mudahan calon jamaah haji ini bisa mandiri dan bisa melaksanakan ibadah haji dengan mudah dan lancar, dan semoga bisa memperoleh haji yang mabrur,” tutupnya.


Pewarta: Agung Gumelar


Kota Bandung Terbaru