• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Kamis, 22 Februari 2024

Kabupaten Cirebon

Kiai Sihab: Maulid Nabi Jadi Momen Pertebal Keimanan

Kiai Sihab: Maulid Nabi Jadi Momen Pertebal Keimanan
Kiai Sihab, Pengasuh Majelis Taklim Baitusaalam, Gegesik, Kabupaten Cirebon. (Foto: NU Online Jabar/Hayyan)
Kiai Sihab, Pengasuh Majelis Taklim Baitusaalam, Gegesik, Kabupaten Cirebon. (Foto: NU Online Jabar/Hayyan)

Cirebon, NU Online Jabar 

Majelis Taklim Baitussalam menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada Selasa (15/11/2022). Kegiatan tersebut berlangsung di Lapangan Bola Desa Slendra, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon.

 

Pengasuh Majelis taklim Baitussalam, H Sihabudin menyampaikan adanya kegiatan Maulid Nabi ini merupakan bukti dan bentuk kecintaan kepada Rasulullah SAW. Oleh karena itu, ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam menyemarakan kegiatan ini.

 

“Ini sebagai bukti dan bentuk cinta kita kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga di akhir kelak kita semuanya mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW. Peringatan Maulid Nabi Muhammad ini tujuannya bukan hanya sekedar seremonial saja, akan tetapi lebih dari itu diharapkan menjadi momen untuk semakin mempertebal  keimanan,” kata dia. 

 

H Sihab menuturkan bahwa ada banyak hikmah dan pelajaran yang bisa diambil pada peringatan Maulid. “Dari mulai kelahiran, perjuangan Nabi yang apabila dialami, dihayati akan semakin terasa Agungnya nilai-nilai luhur ajaran Islam. 

 

“Nilai luhur itulah yang diharapkan akan membimbing manusia untuk menapaki kehidupan yang penuh dengan tantangan dan cobaan,” tuturnya.

 

“Untuk itu wajar hari ini kita melaksanakan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan penuh kegembiraan, hati yang bersih, tulus dan ikhlas karena pada hakikatnya kesemuanya adalah untuk lebih meningkatkan diri, serta memperteguh Keimanan, Keyakinan, dan ketaqwaan kepada Allah SWT, sekaligus memantapkan kecintaan kita kepada junjungan Rasulullah SAW,” lanjutnya.

 

“Beliau teladan yang seharusnya. Perilaku, akhlak menjadi contoh bagi kita untuk bagaimana kita hidup sesuai dengan ajaran Allah SWT, baik dalam rangka hablum minallah maupun hablum minannas,” ucapnya.

 

Selain itu, kata dia, tujuan diadakannya kegiatan peringatan Maulid Nabi ini bertujuan memotivasi emosi spiritul masyarakat Desa Slendra untuk meningkatkan Ukhuwah  Islamiyah, Insyaniyah dan Wathoniyah. 

 

“Meningkatkan pengetahuan agama masyarakat Muslim. Masyarakat Slendra untuk mewujutkan keperdulian sosial antar sesama warga masyarakat serta menciptakan masyarakat slendra yang penuh persaudaran dan toleransi terhadap sesama manusia demi mewujudkan masyarakat slendra yang religius,” tandasnya.

 

Acara yang bertemakan Meneladi Akhlak Rasulullah Dalam Menjaga Martabat Kemanusiaan Menujuh Masyarakat yang religius dan rukun kebinekaan ini dihadiri oleh pemerintahan Desa Slendra, Toko masyarakat Desa Slendra, Ustadz Soni Abdul Basit,  beserta masyarakat setempat dan Ibu-ibu Majelis Taklim Baitussalam

 

Pewarta: Muhammad Hayyan Ansor
Editor: Agung Gumelar


Kabupaten Cirebon Terbaru