• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 27 Mei 2024

Indramayu

Ngalap Berkah Ramadhan, GP Ansor dan Banser Karangampel Gelar Ziarah ke Sejumlah Makam Wali di Jawa Barat 

Ngalap Berkah Ramadhan, GP Ansor dan Banser Karangampel Gelar Ziarah ke Sejumlah Makam Wali di Jawa Barat 
Sejumlah Kader GP Ansor dan Banser Karangampel Gelar Ziarah Ngalap Berkah Ramadhan. (Foto: NU Online Jabar/Sulkan).
Sejumlah Kader GP Ansor dan Banser Karangampel Gelar Ziarah Ngalap Berkah Ramadhan. (Foto: NU Online Jabar/Sulkan).

Indramayu, NU Online Jabar
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Karangampel memiliki sejumlah program di bulan ramadhan yakni kegiatan ngaji pasaran yang dilaksanakan secara online. Sebelum masuk dalam bulan ramadhan, pihaknya melaksanakan berziarah ke makam walliyullah yang ada di Jawa Barat, pada Sabtu, (16/3/2024).


Adapun lokasi ziarah GP Ansor Karangampel antara lain Sinuhun Kanjeng Syekh Gunung Djati Cirebon, Syekh Mukhyidin di Pamijahan, Syekh Panjalu Ciamis. Setelah itu, ziarah dilanjut ke Makam Syekh Quro yang konon banyak literasi dituliskan beliau penyebar agama Islam di wilayah Karawang, juga menjadi cikal bakal lahirnya Sinuhun Kanjeng Sunan Gunung Djati.


Perjalan dilanjutkan ke makam Kiyai Syakir yang Makamnya berada di komplek perumahan Bumi Patra Balongan. Kiyai Syakir sendiri adalah putra Sayyidi Syekh Sama'un yang makamnya berada di Desa Dadap Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu. 


Pasca berziarah ke putranya, rombongan sekaligus mengakhiri kegiatan ziarah dengan mengunjungi makam Sayyidi Syekh Sama'un yang berada di Dadap.


"Kegiatan ini bertujuan untuk berdoa melalui wasilah di tempat orang orang Sholeh yang mana kegiatan ini pun menjadi tradisi warga NU," jelas Ketua GP Ansor Karangampel Trifald.


Ia menyebutkan bahwa selain itu kegiatan ini juga untuk menyatukan dan menambahkan niat para kader Ansor Banser untuk berkhidmat dengan ikhlas di organisasi ini.


"Alhamdulillah, pembiayaan kegiatan ziarah ini hasil iuaran para anggota selain untuk biaya transport juga untuk sahur bersama kader yang ikut," tandasnya.


Indramayu Terbaru