• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 4 Maret 2024

Depok

Sambut Maulid Nabi SAW, GP Ansor Kota Depok Gelar Festival Rawi, Bazar, hingga Launching MDS Rijalul Ansor

Sambut Maulid Nabi SAW, GP Ansor Kota Depok Gelar Festival Rawi, Bazar, hingga Launching MDS Rijalul Ansor
Sambut Maulid Nabi SAW, GP Ansor Kota Depok Gelar Festival Rawi, Bazar, hingga Launching MDS Rijalul Ansor
Sambut Maulid Nabi SAW, GP Ansor Kota Depok Gelar Festival Rawi, Bazar, hingga Launching MDS Rijalul Ansor

Depok, NU Online Jabar
Pasca peringatan satu abad NU, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Depok melanjutkan pergerakan konkret melalui Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Depok, implementasi tema satu abad diwujudkan dalam kegiatan Ansor Bersholawat dengan tema “Membumikan Sholawat Menebar Perdamaian”, dengan puncak kegiatan berupa launching Majelis Dzikir dan Sholawat (MDS) Rijalul Ansor Kota Depok.


Ketua MDS Rijalul Ansor Kota Depok Andi Basyuni mengatakan, Ansor Bersolawat sebagai gaung dari agenda utama terkait peluncuran MDS Rijalul Ansor. Ia mengungkapkan, rencananya majelis tersebut akan menjadi wadah bagi majelis taklim pemuda yang tersebar di masing-masing PAC Ansor di Kota Depok.


“GP Ansor Kota Depok melalui MDS Rijalul Ansor ingin merangkul dan membersamai teman-teman di majelis taklim pemuda di setiap PAC Ansor. Kita bersinergi untuk lebih menyalakan semangat pergerakan spiritual lewat majelis taklim pemuda,” kata Andi Basyuni di rumah toleransi GP Ansor Kota Depok, Kamis (14/09).


MDS Rijalul Ansor, lanjut Andi Basyuni, dibentuk untuk merespon, mendukung, dan memfasilitasi agenda rutin yang sering digaungkan majelis taklim pemuda di Kota Depok berupa pembacaan Rawi. Melalui wadah MDS Rijalul Ansor, majelis taklim pemuda itu akan lebih mendalami risalah Rawi yang menjadi salah satu warisan dan tradisi amaliah para pendiri ulama dan kiai NU.


“Makanya di launching MDS Rijalul Ansor ini, kita juga menyelenggarakan Festival Rawi. Bahwa kami pemuda NU menegaskan, Rawi itu merupakan bentuk tradisi amaliah yang diwariskan oleh para ulama dan kyai NU,” tegasnya.


Setelah kegiatan itu, Andi Basyuni berharap kedepannya di masing-masing titik bisa terbentuk kepengurusan MDS Rijaluk Ansor sebagai kanal untuk mengakomodir rutinitas majelis taklim pemuda yang erat dengan tradisi 
pembacaan Rawi.​​​​​​​


Sementara itu ketua pelaksana Ansor Bersholawat Huday Abdul Marwan mengatakan Festival Rawi akan dilombakan yang akan melibatkan peserta dari seluruh majelis taklim pemuda di Kota Depok. Festival itu berlangsung dari pagi sampai malam di Lapangan Kopelindo, Rangkapan Jaya, Pancoran Mas, Kota Depok pada 16 September 2023 mendatang.


“Selain itu kami juga menampilkan bintang tamu Veve Zulfikar. Termasuk Kapolres Metro Kota Depok dan Dandim 0508/Depok, bertindak sebagai Qori dan saritilawah. Kita ingin ada sinergi lintas lini,” kata Huday.


Selain itu panitia juga menyiapkan stand untuk bazar UMKM sebanyak 15 tenda. Stand itu disiapkan untuk masyarakat umum dan Badan Otonom (Banom) NU Kota Depok.


Sementara itu Ketua GP Ansor Kota Depok Muhamad Kahfi mengapresiasi langkah strategis yang dicanangkan oleh pengurus Ansor Kota Depok dalam hal ini MDS Rijalul Ansor. Dibentuknya MDS Rijalul Ansor itu sebagai wujud pergerakan spiritual pemuda dalam merawat dan menjaga tradisi amaliah yang telah diajarkan turun temurun oleh ulama dan kiai NU.


“Ini harus kita pelihara dan rawat terus menerus. Launching MDS Rijalul Ansor akan memberikan dampak positif bagi majelis taklim pemuda di Kota Depok untuk memaknai lebih dalam tentang risalah tradisi itu,” kata Muhamad Kahfi.


Pewarta: Abdul Hakim Hasan


Depok Terbaru