Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Kabupaten Tasikmalaya

Penuh Haru, Lantunan Al-Qur’an Warnai Wisuda Tahfiz SD Terpadu Bojongnangka

Penuh Haru, Lantunan Al-Qur’an Warnai Wisuda Tahfiz SD Terpadu Bojongnangka

Tasikmalaya, NU Online Jabar
Gemuruh siswa-siswi SD Terpadu Bojongnangka melantunkan ayat suci Al-Qur’an di Aula Nurul Iman, TPQ-MDTA Nurul Hidayah, Rabu (14/6/23).


Para siswa yang mengikuti wisuda ini merupakan anak peserta didik kelas 2-6 yang telah menyelesaikan ziyadah Al-Qur’an juz 27,28,29 dan 30.


Baca Juga:
Gema Nadhom Alfiyah Santri Al-Majidiyah Semarakan Sumedang Bershalawat


Rangkaian acara dimulai dengan melantunkan  Surat Al-Fatihah bersamaan secara tahqiq, dilanjutkan dengan Surat Al-Qiyamah, Surat Al-A’la, dan ditutup dengan senandung do’a Khotmil Al-Qur’an dan lagu “Aku Ingin Jadi Hafidz Qur’an.”  Lantunan ayat-ayat Al-Qur’an tersebut mengalun syahdu dari lisan para peserta menggema di aula, membuat sentuhan getaran hati meringis ingin menangis haru bagi siapapun yang mendengarkannya.


Sebanyak 50 siswa-siswi itu tampil di sela acara ‘Wisuda Tahfiz SD Terpadu Bojongnangka,’ mereka tampil di hadapan para orang tuanya yang hadir. Mereka secara bergantian tampil melafalkan ayat suci Al-Qur’an dengan penuh penghayatan. Terang saja, aksi pentas mereka tak hanya memukau tetapi juga membuat decak kagum, dan haru para hadirin.


Baca Juga:
Gema Sima'an dan Khotmil Qur'an, Cara JQHNU Cileungsi Perkuat Aswaja An-Nahdliyah di Masyarakat


Kekompakan para siswa dengan seragam putihnya di atas panggung menambah khidmat suasana acara. Penampilan merekapun membuat haru setiap orang tua, matanya berbinar dan berkaca-kaca melihat anaknya telah tamat sebagai seorang hafiz-Hafizah Al-Qur’an.


Selain pembacaan ayat suci Al-Qur’an, acara tersebut juga dimeriahkan dengan pentas seni siswa. Sebagai penutup, diakhir acara pembacaan SK kelulusan TPA tahun Kurikulum 2022-2023. Pemanggilan para peserta wisuda satu persatu beserta nama kedua orangtuanya sebagai prosesi penyematan tanda kelulusan.


Acara wisuda Tahfidz Al-Qur’an SD Terpadu Bojongnangka, TPQ-MDTA Nurul Hidayah Tahun Pelajaran 2022-2023 mempunyai misi membangun minat peserta didik yang terdidik berlandaskan Al-Qur’an


Sebagaimana dalam kutipan hadist nabi:


 خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ


“Orang yang paling baik diantara kalian adalah seorang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Al-Bukhari no.4639) 
 

Editor: Abdul Manap