Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Daerah

Dukung Perkembangan BMT NU di Cirebon, KH Aziz Hakim Syaerozi: Berikan Manfaat untuk Ummat

Dukung Perkembangan BMT NU di Cirebon, KH Aziz Hakim Syaerozi: Berikan Manfaat untuk Ummat

Cirebon, NU Online Jabar
Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cirebon, KH Aziz Hakim Syaerozi apresiasi perkembangan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul Maal wat Tamwil BMT NU Artha Berkah. Menurutnya, PCNU akan terus mendukungnya, karena hal itu menjadi bagian yang tak terpisahkan dari media dakwah NU.

 

“Kami pasti mensupportnya agar terus disetiap tahunnya mengalami peningkatan. Terus memberikan manfaat bagi umat, tidak hanya dikhususkan bagi warga nahdliyin saja, tapi hadir untuk semua,” kata Kiai Aziz pada Sabtu, (22/1).

 

Ketua KSPPS BMT NU Artha Berkah, H Surahman SE menjelaskan tahun ini koperasi yang dipimpinnya bisa membukukan sekitar Rp151 juta. 

 

“Sedangkan dari segi anggotaan, terus mengalami peningkatan. Saat ini sudah sebanyak 670 anggota. Kemudian, portofolio pinjaman yang sudah disalurkan, tembus di angka Rp3,2 miliar,” katanya 

 

Lebih lanjut, menurutnya simpanan anggota, simpanan wajib dan simpanan pokok, juga mengalami peningkatan. “Peningkatan semuanya di atas 300 persen dari tahun sebelumnya,” kata Surahman, disela RAT di Gedung PCNU Kabupaten Cirebon, Sabtu (22/1).

 

Bahkan ia mengaku, dari hasil itu semua, PCNU Kabupaten Cirebon sebagai naungannya itu pun kecipratan. “Kita ini berada di bawah naungan Lembaga Perekonomian PCNU Kabupaten Cirebon, makanya sebagian dari SHU tersebut, kita berikan 10 persen untuk pengembangan dakwah PCNU,” katanya.

 

Dalam kesempatan yang sama, Surahman mengungkapkan, KSPPS BMT NU Artha Berkah berdiri di saat pandemi. Hal tersebut memberikan dampak positifnya cukup signifikan dan menjadi peluang baginya untuk semua warga nadhiyin yang membutuhkan sharing atau pembiayaan. 

 

“Justru kalau kami merasakan dampak positif saat pandemi ini. Kita bisa membantu maksimal. Karena rata-rata masyarakat kita drop atau down usahanya,” tuturnya. 

 

Ia berharap, kedepan pihaknya menargetkan kenaikan terus terjadi. Baik dari segi portopolio aset maupun keanggotaan. 

 

“Saat ini portopolio asetnya diangka Rp4,2 miliar. Kedepan targetnya meningkat sebanyak Rp3 miliar. Sehingga total portopolio asetnya menjadi Rp7,4 miliar,” katanya. 

 

Ia optimis targetnya itu terus meningkat. Di tahun ini, kata Surahman, target peningkatan 300 persen. “SHU nya juga kita harapkan bisa tembus diangka Rp274 juta. Pun dengan keanggotaannya, bisa sampai 1500an dari 670 anggota yang saat ini kita punya,” ucapnya.

 

Perlu diketahui, KSPPS BMT NU Artha Berkah baru 2 tahun berdiri. Didirikan di saat resesi akibat pandemi Covid-19.  Dan telah  melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) pada Sabtu, (21/1) di aula gedung PCNU Kabupaten Cirebon. Meski baru berumur 2 tahun, BMT NU Artha Berkah sudah menorehkan banyak prestasi. Salah satunnya pembukuan keuntungan dan bisa membagikan sisa hasil usaha (SHU) kepada para anggotanya. 

 

Pewarta: Shofal Adnan
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Editor: M. Rizqy Fauzi

Artikel Terkait