• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 4 Maret 2024

Doa

Doa Memohon Kebaikan dari Pakaian Baru: Arab, Latin dan Terjemah

Doa Memohon Kebaikan dari Pakaian Baru: Arab, Latin dan Terjemah
Doa Memohon Kebaikan dari Pakaian Baru: Arab, Latin dan Terjemah. (Foto: Istimewa)
Doa Memohon Kebaikan dari Pakaian Baru: Arab, Latin dan Terjemah. (Foto: Istimewa)

Memiliki pakaian baru merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri. Sebagai bentuk dari rasa syukur tersebut, kita sebagai umat Muslim dianjurkan untuk berdoa atas nikmat yang telah Allah Swt berikan.


Selain itu, membaca doa ketika hendak mengenakan pakaian baru juga bertujuan untuk memohon kebaikan kepada Allah Swt dan perlindungan dari keburukan dari pakaian tersebut.


Melansir NU Online, doa memakai pakaian baru sebagaimana yang dicantumkan oleh Imam An-Nawawi dalam kitabnya Al-Adzkar adalah sebagai berikut:


اللَّهُمَّ لَك الْحَمْدُ أَنْتَ كَسَوْتنِيهِ أَسْأَلُك خَيْرَهُ وَخَيْرَ مَا صُنِعَ لَهُ ، وَأَعُوذُ بِك مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ 


Allâhumma lakal hamdu, anta kasautanîhi as’aluka khairahû wa khairamâ shuni‘a lah. Wa a‘ûdzu bika min syarrihî wa syarrimâ shuni‘a lah. 


Artinya, “Tuhanku, segala puji bagi-Mu. Engkau yang mengenakanku pakaian. Aku minta kepada-Mu kebaikan pakaian ini dan kebaikan yang dilakukan dengan pakaian ini. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan pakaian ini dan keburukan yang dilakukan dengan pakaian ini.”


Selain doa di atas, ada juga alternatif doa lainnya sebagaimana yang dianjurkan Rasulullah Saw.


الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي كَسَانِي مَا أُوَارِي بِهِ عَوْرَتِيْ وَأَتَجَمَّلُ بِهِ فِي حَيَاتِي 


Alhamdulillâhil ladzî kasânî mâ uwârî bihî ‘auratî, wa atajammalu bihi fî hayâtî. 


Artinya, “Segala puji bagi Allah yang mengenakanku pakaian yang menutupi aurat dan aku dapat berhias dengannya.”


Dan jangan lupa, sebelum memakai pakaian baru tersebut kita dianjurkan untuk membaca basmalah paling sedikitnya yakni bismillah atau membacanya sempurna dengan bismillahirrahmaanirrahim.


Doa Terbaru